Sukses

Lifestyle

5 Cara Mudah Agar Kamu Tidak Berutang di Usia Muda

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang sering mengeluh, kenapa belum juga sukses secara finansial. Bisa jadi salah satunya karena kesehatan finansialnya tak terpelihara dengan baik. Artinya, pendapatanmu kecil, pengelolaan uang buruk, dan bahkan punya banyak utang. Nah, utang inilah yang sebenarnya paling menghambatmu untuk bisa jadi kaya. 

Utang, sebenarnya tidak selalu buruk. Ketika kamu mendadak membutuhkan uang, misalnya terjadi kecelakaan atau operasi, kamu diperbolehkan untuk meminjam uang. Baik pinjam dari teman, atau dari bank. Masalahnya, ada beberapa orang yang memang sering pinjam uang padahal tidak ada kejadian yang mendesak. Ini justru akan membuat mereka kesulitan dalam meningkatkan kekayaan. Nah, supaya kamu tidak berutang, lakukan lima hal di bawah ini, ya!

Hindari kartu kredit. Banyak anak muda terlilit utang akibat penggunaan kartu kredit yang tidak benar. Kartu kredit sebenarnya diciptakan untuk memudahkan transaksi. Bukannya menjadikan kartu kredit sebagai ladang uang. Masalahnya, banyak anak muda yang menggunakan kartu kredit tanpa berpikir sanggup atau tidak untuk membayarnya. Akhirnya telat membayar dan denda pun berlipat ganda.

 

Sisihkan uang untuk biaya jaga-jaga. Kebanyakan, anak muda kurang memperhitungkan kebutuhan di masa depan. Mereka mungkin menghitung berapa jumlah seluruh biaya hingga bulan depan. Termasuk ongkos, makan, cicilan, dan pulsa. Masalahnya, mereka lupa untuk menghitung biaya jaga-jaga. Ketika ada kebutuhan yang mendesak di luar perhitungan biaya awal, kamu akhirnya terpaksa berutang lagi. 

<p

Terima saja kalau kamu tidak bisa hidup bermewah-mewahan setiap waktu. Penyebab utama kenapa orang tidak bisa jadi kaya karena pengeluarannya lebih besar dari penghasilan. Sebagian orang menggunakan uangnya untuk hidup bermewah-mewahan. Belanja banyak baju mahal, nongkrong di kafe atau restoran super class, dan menghabiskan uang untuk hal yang tidak dibutuhkannya. Makanya, kata Bob Sadino, kalau mau kaya, jangan sampai pengeluaranmu lebih besar dari pendapatan.

 

Belajarlah untuk bersyukur. Banyak orang yang tidak puas dengan apa yang dia miliki. Melihat banyak orang yang sanggup menghabiskan ratusan ribu untuk sekali makan di sebuh restoran, mereka pun ingin hidup seperti orang super kaya. Padahal, makan di sebuah restoran sederhana atau bahkan makan di rumah pun sudah membuat perutnya kenyang. Belajarlah untuk bersyukur sehingga kamu tidak memiliki keinginan untuk hidup seperti orang lain. 

 

Bayarlah utang tepat waktu menggunakan tabunganmu. Jika sekarang ini kamu terlanjur berutang, sebaiknya bayarlah tepat waktu. Kamu pasti memiliki sebagian uang di akun bankmu. Gunakan saja tabunganmu untuk melunasi utang. Tapi, setelah ini, jangan sampai kamu berutang lagi, ya. 

Itu dia lima cara agar kamu tidak berutang lagi. Utang, merupakan penyebab utama sulitnya menabung dan mengumpulkan uang. Kamu juga harus ingat. Jangan membayar utang dengan utang yang lain. Karena hal ini hanya akan bikin kamu tambah melarat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading