Sukses

Lifestyle

Tolire, Misteri Danau di Kaki Gunung Gamalama

Fimela.com, Jakarta Tersembunyi, timur Indonesia memang menyimpan sederet misteri yang mengundang rasa ingin tahu di benak para penjelajah. Berada di kaki gunung Gamalama yang berdiri gagah membelakangi kota, terselip danau Tolire dengan sederet legenda yang mewarnai kehadirannya.

 

A photo posted by Tonny Syiariel (@tonnysyiariel) on

Konon, di dasar danau yang berukuran tak terlalu besar ini terdapat harta karun kesultanan Ternate ketika Portugis menguasai wilayah setempat pada abad ke-15. Kala itu, pihak kerajaan berpikir daripada jatuh ke tangan penjajah, lebih baik harta mereka diceburkan ke dasar danau saja. Hingga kini, belum ada yang berani menguak kebenaran akan legenda ini.

Selain kedalaman danau yang belum diketahui, warga lokal pun takut dengan siluman buaya putih yang kabarnya menghuni danau Tolire. Jangankan harta, menangkap ikan saja tak berani dilakukan oleh warga lokal. Selain itu, masih ada lagi legenda Tolire yang kerap dikisahkan.

Kabarnya, dulu danau Tolire adalah desa makmur tempat tinggal seorang ayah yang tega menodai anaknya sendiri. Menanggung murka Tuhan, tanah desa itu anjlok dan menjadi danau. Entah mana yang benar, namun kunjungan ke Tolire adalah satu agenda yang jangan sampai terlewat kala menyambangi Ternate.

 

A photo posted by Mexes Screamo (@mexes_screamo) on

Berada di atas bukit, danau ini dikukung tebing curam, lengkap dengan pepohonan yang tak absen di tepiannya. Pemukaan danau berwarna hijau ini begitu tenang, hanya sesekali beriak karena hembusan angin. Panorama di sini kian lengkap dengan jualangan kerut puncak Gamalama yang membusung angkuh namun memesona. Ternate, kota di mana pesona tiada akhir selalu menunggu untuk dijelajah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading