Sukses

Lifestyle

Pemadam Kebakaran Sukses Menjalani Transplantasi Wajah

Fimela.com, Jakarta Tawa dan tangis bahagia bercampur jadi satu ketika Patrick Hardison, seorang relawan pemadam kebakaran yang memiliki luka bakar tingkat tiga di seluruh wajah dan kulit kepala mendapatkan pendonor yang sempurna untuknya. Ya, setelah menunggu satu tahun lamanya, akhirnya Hardison memiliki harapan untuk memiliki wajah baru. 

Pria baik yang telah mendonorkan kulitnya untuk Hardison adalah David Rodebaugh, 26 tahun, yang terluka dalam sebuah kecelakaan sepeda. Dr Eduardo Rodriguez, seorang ahli bedah plastik memimpin operasi transplantasi wajah yang dilakukan pada Agustus lalu. 

Pemadam Kebakaran Sukses Menjalani Transplantasi Wajah | via: bostonherald.com

Operasi tersebut diketahui sebagai operasi transplantasi wajah yang paling menyeluruh di dunia, karena meliputi seluruh kulit kepala, telinga, dan kelopak mata. Tiga bulan setelah menjalani operasi, Hardison akhirnya menjalani proses pemulihan dengan baik, walaupun ia harus menerima bahwa disisa hidupnya ia tidak boleh berhenti mengonsumsi obat anti-penolakan terhadap transplantasi. 

Pemadam Kebakaran Sukses Menjalani Transplantasi Wajah | via: i.guim.co.uk

Meski operasi transplantasi wajah telah sukses dilakukan namun Dr Rodriguez sempat mengungkapkan sebuah pernyataan yang mengejutkan. Dr Rodriguez memperkirakan tidak lebih dari lima pasien yang telah menerima transplantasi wajah meninggal karena jaringan lapisan kulit baru ditolak oleh tubuh pasien. 

Meski harus melalui beberapa tahap operasi lagi, namun Hardison mengaku dirinya sangat senang bisa mendapatkan sebuah wajah baru. “Mereka telah memberi saya lebih dari sekadar wajah baru. Mereka seperti telah memberi saya sebuah hidup yang baru,” ujar Hardison seperti dilansir dari BBC.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading