5 Alasan Kenapa Orang yang Suka Menyendiri Cenderung Lebih Sukses

Karla Farhana17 Nov 2015, 21:14 WIB
5 Alasan Kenapa Orang yang Suka Menyendiri Cenderung Lebih Sukses

Bintang.com, Jakarta Pernahkah kamu memiliki sahabat atau teman dekat yang lebih suka menyendiri? Sebagian orang mungkin melihatnya seperti orang yang aneh. Sangat jarang melihatnya berjalan beriringan bersama teman-teman sambil bercanda gurau. Dia mungkin sering kamu lihat pada jam istirahat di taman. Duduk sendirian memandang sekeliling sambil minum kopi. Atau duduk di sebuah ruangan sambil membaca buku atau majalah. 

Kamu mungkin menganggap orang yang suka menyendiri adalah orang yang aneh. Tapi, Isaac Newton dan Albert Einstein pun pada saat mereka masih hidup cenderung menghabiskan waktu bersama dirinya sendiri. Beberapa penelitian pun mengatakan, orang yang masa mudanya lebih menyendiri cenderung memiliki potensi untuk menjadi orang yang sukses. Baik sukses dalam menciptakan sesuatumaupun sukses dalam hal finansial. Tapi, apa sih yang membuat mereka lebih sukses dari orang kebanyakan?

Mereka bisa menanggulangi rasa cemas yang berlebihan. Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Tuntutan pekerjaan hingga tekanan dalam hidup kerap membuatmu cemas. Bahkan sampai stres, depresi, dan muncul rasa cemas yang berlebihan. Nah disadur dari Lifehack, orang yang sering menyendiri cenderung bisa menanggulangi rasa cemas yang berlebihan. Sehingga sekuat apa pun tekanan yang dia dapatkan, dia tak akan pernah runtuh. 

Punya momori yang kuat. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Harvard, ketika seseorang menghabiskan waktunya sendirian, dia cenderung memiliki ingatan yang lebih lama dan kuat di bandingkan dengan orang-orang yang kerap menghabiskan waktu dengan orang banyak. 

Mereka lebih kreatif. Ketika kamu menyendiri, kamu akan mendengar kata hatimu dengan lebih baik. Kesendirian membantumu untuk berpikir lebih dalam, menajamkan imaji, dan merumuskan ide-ide yang tidak biasa dikemukakan oleh orang lain. Ide inilah yang kemudian akan menjadi sebuah produk kreatif, yang sama sekali berbeda dengan produk milik orang lain. 

Mereka tahu siapa diri mereka sendiri. Mereka yang sering menghabiskan waktu sendirian pasti kenal betul siapa diri mereka. Mulai dari apa yang mereka mampu lakukan, apa yang mereka tidak bisa lakukan, hingga apa saja yang kamu inginkan. Orang yang tahu tujuan hidup dan apa yang dia inginkan pasti akan berusaha mencari jalan untuk mendapatkannya. Ini yang mendorongnya untuk bekerja lebih keras menjadi orang sukses. 

Fokus. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Bucknell University, para mahasiswa yang belajar sendirian mendapatkan skor yang lebih baik dari mahasiswa lain yang belajar dalam kelompok. Nah, penelitian ini juga menunjukkan kalau mereka yang belajar sendirian lebih fokus dibandingkan dengan mahasiswa lain.

Itu dia alasannya kenapa orang-orang yang menyendiri cenderung lebih sukses. Tapi, bukan berarti mereka yang menyendiri dan membuang waktu dengan bermain juga kan jadi orang sukses. Intinya, mereka yang sukses pasti sangat produktif dan pandai memanfaatkan waktu.