Sukses

Lifestyle

Gunakan Wayang, Mahasiswa Bulgaria Belajar Bahasa Indonesia

Fimela.com, Jakarta Adalah Prof. Andrik Parwasito yang mengusung cara unik untuk mempelajari bahasa Indonesia. Pada 20 Oktober 2015 lalu, laki-laki yang berprofesi sebagai dosen dan dalang ini memperlihatkan kebolehannya "memainkan" lakon wayang di depan 22 orang mahasiswa kelas Bahasa dan Budaya Indonesia Universitas Sofia.

Pementasan wayang oleh Prof. Andrik Parwasito di KBRI Bulgaria. | via: kelanakota.suarasurabaya.net

Kala itu, Prof. Andrik menjadi dosen tamu di kelas yang berada di bawah jurusan South, East, dan South-East Asia, fakultas Classical and Modern Philology. Dilansir dari Kemlu.go.id, Prof. Andrik memulai kelas dengan bahasa yang begitu lugas. Sehingga, mengesankan bahasa Indoneisa yang begitu mudah dan bersahabat untuk dipelajari.

Karena menggunakan wayang sebagai media pembelajaran, Prof. Andrik pun tak lupa menjelaskan sejarah dan fungsi karya seni yang berkembang pesat di Jawa dan Bali itu. Salah satu guna wayang yang paling umum, yakni sebagai media komunikasi untuk menyampaikan isi pernyataan.

Pementasan wayang oleh Prof. Andrik Parwasito di KBRI Bulgaria. | via: news.babe.co.id

Masih dilaporkan oleh Kemlu.go.id, pada sesi berikutnya, Prof. Andrik memberi kesempatan pada dua mahasiswa untuk memegang wayang dan berdialog dalam bahasa Indonesia. Gunakan cara unik, cara ini tentu patut jadi contoh awal dari serangkaian media kreatif lainnya untuk memperkenalkan bahasa Indonesia pada dunia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading