Sukses

Lifestyle

Obesitas? Lakukan 5 Hal Ini Agar Tubuh dan Sendi Tetap Sehat

Fimela.com, Jakarta Bicara tentang obesitas, mungkin yang terlintas dipikiranmu adalah seseorang dengan berat badan berlebih. Tubuh yang sangat gemuk. Jika dikaitkan dengan penyakit, banyak sekali penyakit serius yang bisa disebutkan. Jantung dan diabetes adalah dua penyakit yang kerap dianggap terjadi karena obesitas.

Baca Juga

Namun, selain dua penyakit tersebut, orang-orang sering lupa bahwa obesitas juga dapat menyebabkan arthritis, penyakit sendi. Membawa terlalu banyak berat badan pada tubuh secara langsung bisa menyebabkan stres pada sendi, terutama sendi lutut dan pinggul yang memikul beban berat.

Untuk meredakan risiko penyakit ini, penderita obesitas bisa melakukan beberapa hal. Seperti yang terdapat pada 5 poin berikut ini.

Konsultasi ke dokter. Obesitas bisa dikatakan apabila seseorang kelebihan 20 kilogram dari berat badan normal. Sebelum kamu melakukan olahraga, kamu perlu berkonsultasi dengan ahli. Jika obesitas disertai dengan nyeri lutut, jangan segan segan untuk membicarakannya pada dokter agar ia tahu olahraga apa yang aman untukmu. Menunda konsultasi dapat membuat masalah lebih buruk. Seperti kerusakan permanen dan tidak dapat perbaiki lagi.

Mengetahui informasi penyakit ini dengan baik. Sebelum memilih jalan operasi ada baiknya kamu melakukan penelitian mendalam tentang penyakit ini. Selain dari dokter, mungkin kamu bisa mencari informasinya lewat sesama penderita obesitas atau jurnal-jurnal online mengenai penyakit ini.

 

Olahraga. Jenis olahraga yang baik untuk orang dengan obesitas adalah berjalan, tak perlu meluangkan waktu khusus. Berjalan ke minimarket terdekat selama beberapa menit juga bisa dikategorikan sebagai olahraga. Atau mungkin bersepeda dan latihan angkat beban untuk membangun otot yang lebih kuat. Perbanyak gerak!

Menjaga berat badan. Selain kurang olahraga, obesitas bisa disebabkan oleh produk makanan yang nggak sehat. Kamu juga perlu bergerak untuk memerangi penyakit sendi ini. Periksa secara rutin tingkat kolesterol dan berat badan.

Makan makanan yang tepat. Jaga pola makan. Ini penting! Makanlah makanan yang seimbang dan nggak beralih ke rencana diet, apapun itu. Hal ini membantu kesehatan otot dan mempertahankan berat tubuhmu. Hal ini memberikanmu kehidupan yang holistik dan sehat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading