Sukses

Lifestyle

Gua Kontilola, Misteri di Bawah Tanah Papua

Fimela.com, Jakarta Pesona Papua itu tak hanya berupa panorama magis yang ditampilkan kerut puncak bertudung salju, hamparan koral warna-warni di bawah permukaan laut, serta nuansa membius yang dihadirkan gradasi air laut. Berada jauh di bawah tanah Papua, tersimpan balutan pesona dan misteri di gua Kontilola.

Tempat ini cocok dijadikan destinasi alternatif bagi para pelancong yang ingin menikmati bumi Papua dalam perspektif yang sama sekali berbeda. Berada di puncak bukit di kawasan Lembah Baliem, Kantilola disebut-sebut sebagi satu dari tiga gua paling misterius di Indonesia karena punya lukisan aneh di dalamnya.

Salah satu aula besar di gua Kontilola, Wamena, Papua. | via: girlonleave.com

Trekking jadi satu keharusan demi mencapai mulut gua. Meski jalur yang dilalui cukup terjal, lelah selama pendakian akan terbayar lunas kala pemandangan stalagtit dan stalagmit mendominasi pandangan. Masuk lebih dalam, pengunjung langsung disambut oleh dua buah "aula" berukuran cukup besar.

Langit-langit di salah satu aula besar Kontilola ini jadi rumah bagi segerombolan kelelawar yang asyik bertengger kala matahari menampakkan diri. Sedangkan aula lainnya dipenuhi oleh berbagai jenis pepohonan rindang. Namun, pesona lain yang bisa ditemui adalah misteri lukisan gua di Kontilola.

Lukisan di gua Kontilola yang masih jadi misteri. | via: Twitter

Dikatakan misteri karena hingga kini belum terungkap siapa pelukis gambar yang menyerupai manusia tersebut. Karena belum bisa dijelaskan secara ilmiah, banyak orang yang mengatakan bahwa lukisan tersebut merupakan hasil karya alien. Terlepas dari berbagai rumor yang berkembang, Kontilola tetap menyimpan pesona lain di pulau paling timur Indonesia ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading