Sukses

Lifestyle

5 Kegiatan yang Bikin Waktumu Terbuang dengan Sia-sia

Fimela.com, Jakarta Waktu kadang bergulir begitu cepat, kadang pula begitu lambat. Seperti dikejar hantu, pada titik tertentu, kamu yang sedang bekerja keras akhirnya tak sanggup menyelesaikan semua pekerjaan. Salah siapa? Waktu?

Setiap orang memiliki jumlah waktu yang sama dalam sehari; 24 jam. Ketika orang lain sanggup menyelesaikan tugasnya dan kamu tidak, rasanya tidak adil jika kamu selalu menyalahkan waktu. Bisa jadi, kamu yang terlalu banyak membuang waktumu yang berharga. Untuk itu, cobalah periksa dan tanyakan pada dirimu, apa yang sebenarnya selama ini kamu lakukan. Nah, berikut ini beberapa kebiasaan yang secara tak sadar ternyata telah membuang banyak waktumu. 

Terlalu lama berpikir apa yang harus kamu lakukan. Memeriksa kotak masuk ketika sampai di kantor merupakan kewajiban. Tapi, kamu yang terlalu lama memeriksa kotak masuk dan mencari apa saja yang harus kamu kerjakan dalam satu hari ternyata justru membuang banyak waktumu. Berhentilah terlalu lama berpikir tentang apa yang harus kamu lakukan. Kamu bisa berpikir selama mungkin di rumah, sebelum kamu jatuh terlelap. 

Terlalu mudah meng-iya-kan permintaan orang lain. Membuat rekan kerja dan boss senang memang kadang asyik juga. Lagi pula menolong orang lain akan menambah pahala. Tapi, jangan terlalu mudah menyanggupi permintaan orang lain. Pikirkan dulu kepentingan dirimu sendiri. Jangan sampai kamu menolong orang lain, tapi pekerjaanmu malah keteteran. 

Ingin semua pekerjaan sesempurna mungkin. Mungkin kamu memang orang yang perfectionist. Kesempurnaan memang pasti diperlukan setiap kali kamu membuat eksekusi. Tapi, sadarkah kalau ada ribuan tugas lain yang juga penting dan harus diselesaikan? Jangan terlalu lama terlibat dengan satu pekerjaan. Selesaikan dengan baik pekerjaan itu dan pindahlah ke pekerjaan lain jika sudah selesai. 

Menyelesaikan sesuatu hanya karena kamu telah memulainya. Memang betul, kamu menyelesaikan pekerjaan yang sudah kamu mulai. Tapi, jangan sampai kamu memaksakan dirimu sendiri untuk menyelesaikannya. Padahal, kamu sendiri sudah tidak tertarik dan tak akan memberikanmu manfaat apa pun. 

Kamu berusaha melakukan banyak hal dalam aktu yang bersamaan. Mungkin, dalam pikiranmu, mengerjakan beberapa pekerjaan akan menambah kecepatan dalam bekerja. Tapi sayangnya, semua pekerjaan akhirnya tak ada yang terselesaikan dengan baik dan sempurna. Karena itu, sebaiknya kamu mengejerkaannya satu per satu. Sehingga kamu bisa lebih fokus dan menyelesaikannya dengan baik. 

Itu dia lima kebiasaan yang justru malah membuang banyak waktumu yang berharga. Karena itu, sebaiknya kamu tinggalkan kelima kebiasaan ini, ya. Sehingga kamu bisa punya waktu lebih banyak untuk melakukan hal lain yang lebih bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading