Sukses

Lifestyle

Mimisan, Sepele Tapi Bisa Bikin Nyawa Melayang

Fimela.com, Jakarta Mimisan atau darah mengucur dari hidung biasanya suka dianggap sepele. Penyebabnya banyak, tapi paling sering karena panas tubuh dari cuaca suhu meningkat terlalu tinggi sehingga kelembaban area hidung mengering. Akhirnya terjadi iritasi dan keluarlah pendarahan. Meski mimisan kerap dianggap wajar, ternyata berisiko kematian. Ini karena kamu kurang paham penanganan pertama pada orang mimisan.

Meski sederhana, ternyata penanganan pertama pada mimisan menentukan risiko kematian. Banyak orang yang mendongakkan kepala saat darah mengucur. Tapi ini justru membuat darah mudah mengalir masuk dalam saluran pernafasan. Akibatnya terjadi kesulitan bernafas dan menyebabkan meninggal. Nah, Bintang.com mau membagi tips mengatasi mimisan yang tepat dilansir dari situs ayosehat.com. Seperti apa? Simak baik-baik, ya.

1. Kompres air dingin. Jika darah yang keluar baru sedikit, cukup kompres bagian dahi dan leher dengan kantong es atau handuk yang direndam air dingin. Selain itu kamu juga bisa kumur-kumur pakai air es. Tujuannya supaya pembuluh darah menyempit dan darah yang mengucur bisa berkurang.

Ilustrasi mimisan

2. Tekan hidung. Gunakan jempol dan jari telunjuk untuk memencet hidung selama kurang lebih 15 menit. Saat menekan, usahakan dalam posisi duduk, dan majukan dagu. Posisi kepala agak menunduk. Buka mulut lebar-lebar untuk bernafas. Ingat, JANGAN DONGAKKAN KEPALA! Darah yang mengucur mudah tertelan serta bikin lambung jadi mual-mual. Jika darah yang mengucur banyak malah mengalir ke paru-paru. Serem, kan?

3. Bawa ke rumah sakit atau klinik terdekat. Setelah melakukan pencegahan tersebut, segera pergi ke paramedis untuk ditangani lebih lanjut. Coba minta diagnosa lanjutan, adakah infeksi di hidung dan sebagainya.

Ilustrasi mimisan | Via: dokterkamu.com

4. Hentikan kebiasaan ngupil. Nih guys, mengorek hidung ternyata berbahaya dan bisa berisiko kematian, lho! Ini akan membuat lapisan pelindung dalam hidung mudah terluka. Jika terluka maka akan cepat terinfeksi. Ngupil boleh saja untuk membersihkan kotoran, tapi nggak harus 5 kali sehari juga. Proporsional saja. Kalau kurang nyaman sebab ada kotoran hidung yang mengganjal, baru dibersihkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading