Menderita Kanker Otak, Pria Ini Tak Menyerah Meluncurkan Startup

Karla Farhana16 Des 2015, 12:49 WIB
Diperbarui 16 Des 2015, 12:49 WIB
Menderita Kanker Otak, Pria Ini Tak Menyerah Meluncurkan Startup

Fimela.com, Jakarta Apa yang akan kamu lakukan jika kamu hanya punya beberapa tahun untuk hidup? Mimpi buruk ini menimpa Ronnie Castro, seorang co-founder sebuah startup, Porch.com. Cerita ini dimulai pada saat Ronnie pergi ke dokter, 19 April dua tahun lalu, untuk memeriksakan sakit di kepalanya, yang dia kira hanya sebatas infeksi sinusitis. 

Setelah diperiksa mennggunakan MRI, pria yang kini berusia 35 tahun ini segera kembali ke kantornya. Ketika sednag menyetir, Ronnie mendapatkan telepon dari rumah sakit. Dokter yang tadi memeriksanya menyebutkan penyakitnya bukan sinusitis. “Tumor otak raksasa… posterior fossa… ependymoma…” kata dokter tersebut, seperti yang Ronnie tulis di Venture Beat. Seketika paandangannya menjadi gelap dan dia tak bisa mendengar apa pun. 

Sesampainya di kantor, Ronnie langsung berkemas untuk pulang dan memberi tahu kabar ini kepada istrinya di rumah. Pada saat itu, Ronnie menulis, istrinya sedang mengandung 9 bulan. Tanpa tahu berapa lama lagi dia bisa bertahan, Ronnie menyampaikan semua perkataan dokter yang dia ingat. Dua belas jam kemudian, tanpa makan dan tidur, istrinya melahirkan anak mereka yang kedua. 

Menderita Kanker Otak, Pria Ini Tak Menyerah Meluncurkan Startup | via: venturebeat.com

Dilansir dari Business Insider, Ronnie hanya memiliki 50% peluang untuk bisa hidup 10 tahun ke depan. Operasi untuk mengangkat 90% sel kanker yang meggerogoti otaknya itu telah dilakukan. Kemoterapi pun sudah dilakukan. Tapi, kini pria yang tak pantang menyerah ini harus menjalankan pengobatan lainnya untuk mengatasi radiasi akibat operasi dan kemo.

Di tengah kemelut rasa sakit dan perjuangannya untuk bertahan hidup, Ronnie ternyata tak berhasil dikalahkan sel kanker yang ganas. Dia, seperti yang ditulis Business Insider, bahkan memiliki selera humor dan kerap menjadikan kanker otak yang dideritanya lelucon dan 'bahan bercandan.' 

Menderita Kanker Otak, Pria Ini Tak Menyerah Meluncurkan Startup | via: businessinsider.com

Ronnie tetap menjalankan hidupnya sebagai seorang suami dan ayah dari anak-anaknya. Tak lupa, dia tetap menjadi co-founder Porch.com. Startup dia dirikan bersama teman baiknya Matt Ehrlichman, yang telah menjual startup pertamanya, Thrive kepada Active.com, sebesar $60 juta, delapan tahun lalu. 

Porch.com, sebuah startup yang memberikan solusi kepada klien untuk menemukan para profesional yang bisa memperbaiki rumah mereka dengan baik. Ronnie, yang dulu sempat bekerja untuk Expedia dan Google, kini mendorong semua anak-anak muda untuk terus berusaha dan berkarya tanpa alasan apa pun. Bahkan, lewat sebuah tulisan yang berjudul "I have brain cancer. What’s your excuse?" di Venture Beat, Ronnie menuliskan beberapa hal yang harus kamu lakukan agar sukses