Sukses

Lifestyle

Hiasi Google Doodle, Ini 5 Fakta Ludwig van Beethoven

Fimela.com, Jakarta Rayakan ulang tahun ke-245, potret Ludwig van Beethoven hiasi laman Google dengan Doodle unik. Meski kapan komposer terkenal asal Jerman ini lahir tak diketahui secara pasti, namun 17 Desember diketahui sebagai tanggal pembaptisan Beethoven.

Jadi salah satu komposer paling berpengaruh, Beethoven dikenal baik melalui Ninth Symphony, di mana nada-nada di dalamnya dideskripsikan sebagai pilar perabadan dunia barat. Punya karya luar biasa, Chron menuliskan sederet fakta tentang komposer abad ke-18 tersebut.

Besarkan kedua adiknya setelah sang ibu meninggal. Musik sudah jadi napas utama di keluarga Beethoven. Namun, sang ayah berusaha menjual talenta musik ketiga putranya, termasuk Ludwig, dengan cara-cara yang tak seharusnya. Setelah ibunya meninggal ketika Ludwig berusia 16 tahun, ia membesarkan kedua adik laki-laki.

Ludwig van Beethoven. | via: tes.com

Tak pernah menikah. Beethoven punya sedikit keberuntungan, tergantung perspektif mana yang diterapkan, di masalah percintaan. Ia jatuh cinta dengan seorang perempuan bangsawan. Hanya orang biasa, Beethoven tak pernah punya cukup materi untuk meminang sang pujaan hati. Akhirnya, Beethoven tak pernah menikah.

Ludwig van Beethoven. | via: allposters.com

Karir gemilang. Poin ini tak perlu diragukan lagi. Hampir semua karya Beethoven bisa diterima masyarakat dunia dengan cara terbaik yang bisa didapatkan seorang komposer. Sebelum dan sesudah kepergian Beethoven, Ninth Symphony hampir selalu hadirkan tepuk tangan meriah.

Ludwig van Beethoven. | via: classicalmusic.about.com

Punya kelainan pendengaran. Ketika berusia 26 tahun, Beethoven mulai tersiksa akibat pendengaran yang menumpul. Akibatnya, pergelaran konser dan berbaur dengan lingkungan sosial pun kian sulit dirasakan Beethoven. Hingga pada akhirnya mengalami tuli secara total, Beethoven sesungguhnya tak pernah mendengar Ninth Symphony secara semestinya.

Ludwig van Beethoven. | via: allthingsukulele.com

Meninggal di usia 56 tahun. Hembuskan napas terakhir pada 26 Maret 1827, kelainan di organ hati diduga jadi awal mula pemicu penyakit yang berujung pada kematian Ludwig van Beethoven. Kabarnya, sirosis yang menjalar ke sipilis, kemudian berakibat pada keracunan yang berasal dari obat pemberian dokter jadi penyebab sang komposer dunia harus menutup usia.

Ludwig van Beethoven. | via: Guardian

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading