Jerman Berhasil 'Bangkitkan' Firaun!

Ardini Maharani18 Des 2015, 21:14 WIB
Jerman Berhasil 'Bangkitkan' Firaun!

Fimela.com, Jakarta Penguasa Mesir Kuno Firaun kini kembali 'dibangkitkan' namun bukan di Negeri Piramida melainkan di Jerman. Warga antusias menyambut 'kebangkitan' ini. Yang dimaksud bukanlah bangun dari kubur melainkan artefak topeng Firaun berusia lebih dari 3000 tahun yang dipajang di museum di Ibu Kota Kairo. Para ahli restorasi Jerman berhasil merekatkan kembali jenggot topeng tersebut setelah sebelumnya patah oleh petugas museum.

Topeng tersebut milik Firaun Tutankhamun yang jenggotnya pernah patah pada Agustus tahun lalu. Jenggot itu putus sebab ulah petugas listrik museum yang tak sengaja menjatuhkan topeng tersebut saat hendak membenahi sistem listrik. Awalnya rambut di dagu itu hanya dilem dengan perekat biasa, namun hasilnya malah membuat mahakarya tersebut jadi terlihat murahan. Christian Eckmann, salah satu ahli restorasi barang antik dengan menggunakan kaca dan besi mengatakan memang sangat sulit membenahi jenggot tersebut. Dia dan timnya berusaha hati-hati agar jenggot Tutankhamun kembali seperti semula tanpa merusak bagian lain.

Mumi Firaun Tutankhamun

Setelah setahun Jerman berusaha merestorasi akhirnya janggut itu pun bisa dipasang. "Selesai," ujar Eckman seperti dilansir dari theguardian.com (16/12/2015). Restorasi ini tidak sembarangan melainkan melibatkan teknologi 3 dimensi agar terlihat bentuk asli dan sempurna. Selain itu mereka juga menggunakan alat-alat dari kayu demi menghilangkan lem yang sudah terlanjur dioleskan ke topeng tersebut. Sekarang wajah topeng Tutankhamun itu semakin garang. Good job Germany!

Rastorasi janggut topeng Firaun Tutankhamun yang patah (Reuters)