Sukses

Lifestyle

3 Masjid di Bandung Ini Punya Gaya Arsitektur yang Unik

Fimela.com, Jakarta Bandung adalah kota yang sangat tepat bagi wisatawan baik asing maupun domestik. Apapun yang kamu cari mulai dari wisata alam, wisata sejarah, maupun wisata kuliner semua tersedia di Bandung. Saat ini, bahkan Bandung telah memiliki Masjid dengan bentuk yang unik dan ciri khasnya masing-masing yang dapat kamu kunjungi ketika kamu sedang berada di Bandung. Tentu saja meskipun didesain dengan unik dan tampak indah dipandang, masjid ini tetap memiliki fungsi utama sebagai tempat ibadah.

Masjid Raya Bandung. Salah satu masjid yang paling terkenal di Bandung adalah Masjid Raya Bandung yang terletak di dekat Alun-alun Bandung yang telah berubah menjadi taman sintesis dan banyak dikunjungi warga. Masjid Raya Bandung memiliki gaya arsitektur yang terpengaruh oleh gaya Arab dan telah mengalami renovasi sebanyak delapan kali sejak pembangunannya pada tahun 1810.

3 Masjid di Bandung Ini Punya Gaya Arsitektur yang Unik | via: masjidrayabandung.wordpress.comMasjid Raya Bandung ini dapat dengan mudah dikenali karena adanya dua menara tinggi yang menjulang di halamannya. Masjid Raya Bandung juga menjadi salah satu tujuan utama umat muslim ketika merayakan Idul Fitri karena masjid ini mampu menampung hingga 14.000 umat.

Masjid Kubus. Jika Masjid Raya Bandung terkenal karena lokasinya, maka Masjid Al-Irsyad terkenal karena gaya bangunannya yang unik dan lebih modern. Masjid Al-Irsyad juga sering disebut sebagai Masjid Kubus karena bentuk bangunannya menyerupai bentuk Kabah dengan dominasi warna abu-abu. Masjid yang terletak di Jalan Parahyangan ini juga memiliki keunikan lain di mana pada setiap sisinya kamu akan melihat celah-celah di temboknya.

3 Masjid di Bandung Ini Punya Gaya Arsitektur yang Unik | via: istimewa

Jika diperhatikan, celah-celah ini membentuk suatu pola yakni sebuah kalimat syahadat sekaligus juga berperan sebagai ventilasi udara, sehingga sirkulasi udara di dalam masjid tetap lancar. Pada malam hari, masjid yang secara khusus didesain oleh Ridwan Kamil sendiri ini akan diterangi oleh 99 buah lampu yang mengandung nama-nama suci Allah.

Masjid Al Imtizaj. Masjid unik di Kota Bandung selanjutnya adalah masjid dengan gaya Tiongkok yang terletak di Jalan ABC, Banceuy. Sekilas, jika kamu lihat dari luar mungkin kamu tidak akan mengira bahwa bangunan ini adalah sebuah masjid karena warnanya yang didominasi warna kuning dan merah seperti klenteng.

3 Masjid di Bandung Ini Punya Gaya Arsitektur yang Unik | via: istimewa

Masjid bernama Masjid Al Imtizaj ini memang memiliki gaya arsitektur Tiongkok, tidak hanya di bagian luar namun juga bagian dalamnya, seperti dengan adanya lampion serta kaligrafi huruf Cina yang menghiasi temboknya. Masjid unik ini memang sengaja dibangun sebagai perlambang pemersatu masyarakat Cina dengan muslim karena cukup banyak orang Cina yang memeluk agama Islam di Bandung. (M. Sufyan)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading