Bunuh 3 Ribu Orang Lebih, Pria Ini Terima Hukuman di Usia Senja

Cica19 Jan 2016, 21:28 WIB
Bunuh 3 Ribu Orang Lebih, Pria Ini Terima Hukuman di Usia Senja

Bintang.com, Jakarta Menghabiskan sisa usia di masa senja, beberapa orang tua mungkin sedang mendulang bahagia bersama anak cucu mereka. Namun rasanya kebahagiaan bersama keluarga nggak bisa dinikmati oleh Hubert Zafke. Pria 95 tahun yang juga mantan anggota Schutzstaffel, organisasi keamanan dan militer besar milik Partai Nazi Jerman, harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di masa lampau.

Dikutip dari Bbc.com pada Senin (18/1), sebagai bagian dari Nazi, pria tua dituduh dalam membantu dalam pembunuhan massal Auschwitz pada 1944. Tak tanggung-tanggung, 3.681 jiwa meninggal dalam kurun waktu singkat, yaitu satu bulan saja. Sidang terhadap Zafke  akan dimulai pada 29 Februari di Neubrandenburg. 

Nazi sendiri telah membunuh sekitar 1,1 juta orang di Auschwitz yang sebagian besar dari mereka adalah orang Yahudi. Menurut jaksa yang dikutip dari Time.com, kamp Holocaust, tempat Zafke bertugas selama ini memang sebagai tempat pembunuhan massa skala industri.

[Bintang] Bunuh 3 Ribu Orang Lebih, Pria Ini Terima Hukuman di Usia Senja

Tahun lalu pengadilan Jerman menghukum Oskar Groening, pria 94 tahun dengan ancaman empat tahun penjara karena 300 ribu kali bersekongkol dalam aksi pembunuhan. Kemudian September 2015, jaksa di Jerman menetapkan seorang nenek 91 tahun yang diduga kuat terlibat 260.000 kali pembunuhan di kamp Auschwitz sebagai tersangka.