Sukses

Lifestyle

Ini Dia Gaya Hidup 'Hijau' ala Warga Bandung

Fimela.com, Jakarta Kota Bandung memang spesial bila dibandingkan dengan kota-kota lain di Pulau Jawa. Kota yang sedang gencar-gencarnya membenah diri ini bukan hanya apik dalam segi tata kota. Modernisasi di kota Bandung pun diimbangi dengan pelestarian lingkungan yang berlanjut. Bukan hanya datang dari pemerintah, aksi peduli lingkungan pun datang dari masyarakat secara personal maupun komunitas.

Salah satu aksi peduli lingkungan kota Bandung yang saat ini menjadi gaya hidup adalah berkebun. Kesannya sepele memang, namun berkebun merupakan salah satu aksi nyata yang dilakukan masyarakat untuk menjaga lingkungan serta penghijauan kota Bandung. Di Kota Bandung, melihat hunian rumah dengan kebun mungil yang penuh pohon, tanaman bunga hingga buah sudah tak asing lagi. Bahkan aksi berkebun di Bandung pun saat ini sudah memiliki komunitasnya sendiri yang bernama Urban Creative Farming.

Ini Dia Gaya Hidup 'Hijau' ala Warga Bandung | (Istimewa)

Menggiatkan masyarakat untuk berkebun diakui menjadi salah satu pokok perhatian dari komunitas yang kerap dipanggil Bandung Berkebun tersebut. Urban Creative Farming mengungkap bahwa berkebun merupakan cara paling mudah melakukan gaya hidup hijau yang sekalian menjadi sarana rekreasi, edukasi, dan interaksi baik dengan lingkungan maupun dengan anggota masyarakat lain. Maklum, Bandung yang termaksud kota Metropolis besar memang mau tak mau membuat warganya kesulitan untuk menjalin interaksi satu sama lain.

"Apalagi bila bisa menjadi bagian kecil dari satu gerakan besar bercita-cita positif, yakni menghijaukan Kota Bandung dengan Urban Creative Farming dan kolaborasinya dalam sebuah komunitas yang bernama Bandung Berkebun," kata Arif salah satu anggotanya yang telah berkecimpung dalam komunitas ini sejak awal seperti disadur dari Liputan6.com.

Ini Dia Gaya Hidup 'Hijau' ala Warga Bandung | (Istimewa)

Gaya hidup hijau lain yang saat ini tengah gencar dilakukan oleh pemerintah adalah dengan membiasakan warganya menghabiskan waktu di taman. Ini tentu saja sudah diimbangi dengan banyaknya taman-taman kota yang tersedia nyaris diseluruh kota Bandung. Menghabiskan di taman diakui jauh lebih baik ketimbang melakukan rekreasi di pusat pembelanjaan ataupun Mall. Selain dapat lebih dekat dengan alam, udara yang sejuk di taman pun membuat warga lebih sehat. (M. Sufyan)

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading