Sukses

Lifestyle

Cari Kaset Bekas di Bandung? 2 Lokasi Ini Tepat untuk Berburu

Ingatkah kamu? Di era 1980-an hingga 2000-an awal, jika ingin mendengarkan musik harus membeli kasetnya terlebih dahulu baik berupa kaset pita ataupun kepingan CD (Compact Disc). Sangat berbeda dengan fenomena di jaman sekarang, di mana mendengarkan lagu bisa melalui gadget canggih seperti smartphone, tablet, atau laptop.

Meskipun perkembangan teknologi sudah sedemikian pesat, nggak menyurutkan para kolektor kaset langka berhenti begitu saja. Malah mereka semakin intens mencari semua kaset jadul dan langka dari tahun 1960-an sebelum benar benar hilang termakan jaman.

Bagi kamu pencinta musik jadul seperti The Beatles, Koes Plus, Led Zeppelin, Deep Purple dan lainnya dan sangat terobsesi memiliki kolekasi kaset mereka, maka tempat yang satu ini harus kamu datangi yaitu sentra kaset bekas Jalan Cihapit, Bandung. Rasanya sudah menjadi hukum alam, semakin lawas suatu barang maka harganya akan semakin mahal, namun hal tersebut bukanlah masalah yang serius di mata para kolektor kaset langka.

 

Foto kiriman rudieboys (@rudieboys) pada

Harga kaset bekas yang dijual di jalan Cihampit cukup murah, mulai dari Rp 5 ribu hingga puluhan ribu, tergantung langka atau tidaknya kaset yang dijual. Nggak hanya kaset, lho! Di Jalan Cihapit juga menjadi pusat penjualan tape mobil berserta perlengkapannya, selain itu banyak juga dijual barang antik yang sudah berusia puluhan tahun. Kamera lawas, misalnya.

 

Foto kiriman ronald hp (@ronald_hp1) pada

Lokasi lainnya yang bisa kamu kunjungi saat berburu kaset lawas yaitu Alun-alun Bandung yang berlokasi di jalan Dewi Sartika, dekat terminal Kebon Kelapa. Meskipun kaset jadul, soal kualitas jangan khawatir. Kaset-kaset di sini umumnya masih sangat bagus, karena penjual ahli dalam melakukan reparasi pita kaset yang kotor dengan membersihkannya dengan menggunakan alkohol.

Para pembeli pun datang dari berbagai kalangan usia, mulai dari remaja hingga orang tua berusia diatas 60 tahun, mungkin orang tua ingin bernostalgia mengingat masa lalunya kembali. Nggak hanya warga lokal, sentra penjualan kaset jadul Cihapit dan Alun-alun Bandung juga kerap didatangi oleh wisatawan mancanegara, namun yang mereka cari bukan kaset Led Zeppelin atau The Beatles, melainkan kaset kaset tradisional yang berisi tembang-tembang Sunda seperti degung dan jaipongan.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading