2 Alasan Kenapa Hong Kong Bakal Jadi Pusat Startup Dunia

Karla Farhana03 Feb 2016, 23:28 WIB
Diperbarui 03 Feb 2016, 23:28 WIB
2 Alasan Kenapa Hong Kong Bakal Jadi Pusat Startup Dunia

Fimela.com, Jakarta Dengan 7 juta populasi, Hong Kong memberikan banyak keuntungan bagi kamu para pebisnis. Bagaimana tidak, Hong Kong bisa menjangkau pasar yang sangat luas. Selain itu, kota ini juga punya sumber manufaktur sepanjang the Pearl River Delta. Tak hanya itu, bahkan Ellon Musk, pebisnis sukses dan juga investor papan atas menyebut kota ini sebagai pasar utama investasi. 

Maka, tak heran banyak startup yang tumbuh dan berkembang menjadi besar di kota yang gemerlap pada malam hari ini. Sebut saja HotelQuickly, aplikasi untuk booking hotel terpopuler belakangan ini bahkan telah berhasil mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 77,5 miliar. Majalah Inc Asean menilai, dengan banyaknya startup yang kian tumbuh di Hong Kong bakal bisa membawa kota yang termasuk dalam persemakmuran Inggris ini jadi pusat startup dunia. Ini alasannya. 

Hong Kong memiliki ekosistem digital tercanggih. Seberapa cepat Internet di kotamu hingga bisa menggiurkan para pengusaha e-commerce untuk segera menggalakkan bisnisnya? Hong Kong punya Internet super yang kecepatan rata-ratanya bisa mencapai 15,8 MB/s. Jelas, tulis Inc Asean, Internet menghubungkan setiap penghuninya di hampir setiap lapisan. Kesempatan ini tentunya menjadi angin segar bagi para pengusaha di bidang e-commerce dan IoT. 

2 Alasan Kenapa Hong Kong Bakal Jadi Pusat Startup Dunia | via: ictaward.isoc.hk

Lokasi yang strategis. Hong Kong terletak di sepanjang the Pearl River Delta, tepat di bawah daratan Cina. Nah, karena lokasi inilah yang menjadikan 'surga' bagi para pebisnis. Soalnya, Inc Asean menulis, kebanyakan konsumen startup yang berbasis di Hong Kong merupakan orang asing. Sehingga para perusahaan teknologi ini dengan leluasa meraih para target konsumen dengan sangat mudah. 

Terlebih lagi, Hong Kong dekat dengan Shenzen. Sehingga, para perusahaan yang bergerak di bidang teknologi bisa memproduksi prototipe dengan sangat cepat dan biaya yang lebih murah. Inilah yang membuat Hong Kong bakal jadi bintang di tengah gemerlapnya panggung startup di dunia bisnis. Jadi, kamu yang punya rencana untuk mencari lokasi yang tepat buat mendirikan startup, tak usah ragu. Hong Kong bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat buatmu.