Strategi Ini Bakal Bikin Pertumbuhan 'Startup'-mu Secepat Roket

Karla Farhana10 Feb 2016, 07:14 WIB
Diperbarui 10 Feb 2016, 07:14 WIB
Strategi Ini Bakal Bikin Pertumbuhan 'Startup'-mu Secepat Roket

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak ingin startup-nya tumbuh secepat roket, dengan suntikan dana dari para investor hingga miliaran rupiah? Kamu yang mungkin ingin menjadi the next Google, Twitter, Path, Uber, dan mungkin Facebook kini tak lagi harus khawatir. Memang, membuat startup agar tumbuh menjadi perusahaan yang besar dan kokoh akan membutuhkan waktu dan juga suntikan uang. 

Tapi, kamu pun tidak bisa tinggal diam dan menunggu para investor menjemputmu dan langsung menanam modal. Kamu harus melakukan beberapa tindakan dan menyusun strategi-strategi ampuh yang bakal mengundang para investor. Sehingga, dengan suntikan dana yang sesuai dengan kebutuhanmu, startup-mu bakal tumbuh dengan sangat cepat. 

Untuk itu, jurnalis sekaligus konsultan Rebecca Fannin, seperti yang dilansir dari Inc Asean, menyarankan untuk menoleh ke berbagai negara di Asia denga pertumbuhan startup yang tinggi, seperti Cina dan India. 

Pasalnya, tahun 2005 lalu, sudah ada 6.000 startup di Asia, yang 56 persennya berlokasi di India dan Cina. Lima tahun kemudian, startup di kedua negara tersebut menyumbang 13% dari sekitar Rp 515 triliun yang diinvestasikan dalam startup di seluruh dunia. 

Strategi Ini Bakal Bikin Pertumbuhan Startup-mu Secepat Roket | via: powermore.dell.com

Ternyata, menurut Rebecca, ada sebuah rahasia dibalik kesuksesan startup di kedua negara tersebut. Seperti yang dilansir dari Inc Asean, mereka ternyata mengadaptasi dari bisnis model yang dimiliki perusahaan Amerika. Tapi, mereka tidak mengambil model tersebut mentah-mentah. Mereka mengambil apa yang cocok di negara mereka dan mengganti model-model yang tidak bisa diaplikasikan di sana. 

Strategi Ini Bakal Bikin Pertumbuhan Startup-mu Secepat Roket | via: india.zonestartups.com

Selain itu, mereka memiliki traget pasar di negara-negara Asia, bukan hanya di dalam negeri. Dengan melebarkan sayap di 'surga' startup inilah, mereka bisa tumbuh dan bersaing dengan sehat dengan startup lainnya. Rahasia inilah yang ternyata membuat startup di Cina dan India berkembang dengan pesat dan hampir merajai bisnis dunia.