Sukses

Lifestyle

Naga 'Raksasa' Turut Hiasi Perayaan Cap Go Meh 2016

Fimela.com, Jakarta Jatuh 15 hari setelah pergantian tahun dalam kalender Cina, Cap Go Meh 2016 siap digelar. Berbagai agenda di puncak acara penutupan perayaan Tahun Baru Imlek ini pun rampung disusun. Mulai dari parade, hingga pengenalan kebudayaan Negeri Tirai Bambu, semua sudah dijadwalkan sedemikian rupa.

Seakan enggan absen dari euforia perayaan tahun Monyet Api, jalan utama di kota Pontianak, Kalimantan Barat, 'berhiaskan' replika naga super besar. Sebagaimana dilaporkan Liputan6.com, pada Sabtu (20/2), ritual buka mata naga yang berpusat di Kelenteng Kwan Tio Bio, telah diselenggarakan.

Ketika Naga Berukuran Besar Beraksi Ramaikan Festival Cap Go Meh. (Adinda Tri Wardhani/Liputan6.com)

Selepas ritual, replika naga in berkeliling ke sejumlah tempat donatur. "Saya sudah sering ikut ini. 75 orang yang mainkan. Panjang 100 meter. Naga beringin namanya. ‎Ini dari Tanjung Hulu, Kecamatan Pontianak Timur. Tadi jam 7 pagi mulainya bersih-bersih dan cari sumbangan sampai jam 5 sore,” ujar Yunive, seorang pemain replika naga kepada Liputan6.comMinggu (21/2).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Pontianak, Hilfira Hamid, menuturkan, Festival Cap Go Meh ini sudah jadi agenda tahunan. “Sudah menjadi agenda tahun. Kita memfalisitasi. Yang jelas targetnya,” jelas Hilfira Hamid, sebagaimana diwartakan Liputan6.com.

Perayaan tahun baru Imlek di Hanoi, Vietnam. (AFP/Getty Images)

Lebih lanjut Liputan6.com melaporkan, berdasarkan keterangan Ketua Panitia Festival Cap Go Meh 2016, SugiotoThan, ada 12 ekor replika naga yang turut memeriahkan festival tersebut, termasuk di dalamnya Sungai Pinyuh, juga naga sepanjang 100 meter. Selain itu, Sugioto juga mengatakan soal pawai busana Tionghoa dan adanya 4.000 lampion.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading