Sukses

Lifestyle

Ternyata MSG Menyehatkan Lebih Dari yang Kamu Kira!

Fimela.com, Jakarta Monosodium Glutamat alias MSG alias mecin ini dikenal sebagai penyedap rasa yang kuat dan gurih. Duh, kalau dengar kata mecin ini rasanya terbayang penyebab kanker dan sederet cap tidak sehat lainnya. Perdebatan soal MSG ini tiada akhir. Akhirnya banyak orang meninggalkannya lantaran efek penyakit yang ditimbulkan segunung Bromo. 

Sebelum ngoceh soal MSG, ada baiknya kamu membaca definisi selengkapnya. Monosodium glutamat adalah bahan yang mengandung sodium (atau natrium), glutamat, dan air. Ketiga bahan tersebut adalah zat gizi. Sodium yang sama saja dengan natrium yakni Garam. Jadi, kalo garam itu (NaCl) alias natrium klorida, mecin adalah natrium glutamat. Bedanya yang satu klorida, yang satu glutamat. Nah, apakah glutamat itu?

Glutamat adalah asam amino non-esensial yang bisa diproduksi dalam tubuh, Perannya dalam tubuh yakni untuk metabolisme fungsi otak dan otot. Dalam tubuh manusia ada 20% protein. Nah, 20% dari protein itu mengandung glutamat. Gak hanya di dalam tubuh tapi kandungan glutamat ini bisa didapatkan di ikan, sayur, buah, bahkan ASI!

Ilustrasi MSG | Via: istimewa

Kebaikan MSG ini banyak, lho. Salah satunya sebagai pengganti garam bagi penderita hipertensi karena sodiumnya lebih kecil. Sodium dalam 5 gram garam = 2000 miligram mecin. Jadi jika mengkonsumsi 5 gram MSG, maka sodiumnya hanya 600 miligram saja. Cakep, kan? Tak hanya itu, dari literatur kesehatan Vasilevskaia L tahun 1993 diketahui MSG meningkatkan cairan pada lambung. Jadi yang punya masalah lambung justru lebih aman makan mecin! Amazing, ya.

Ilustrasi MSG | Via: istimewa

Guna mecin keren banget, kan? MSG biasanya dibuat dari tebu, ada pula ekstrasi lobak, singkong, dan gandum. Ingat, MSG bukan terbuat dari ampas-ampas yang tak berguna melainkan tetesan ekstrak bahan tersebut difermentasi menggunakan bakteri khusus yakni Brevi Bacterium Lactofermentum. Agar mengkristal maka ditambah garam.

Dari penjelasan di atas, intinya MSG sangat aman selama digunakan dalam batas yang wajar. Gak perlu makanin 5 bungkus mecin kalau gak mau mual-mual tak terhingga, hehehe.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading