Meski Gaji Kecil, Ini 6 Alasan Buat Bekerja di Perusahaan Startup

Karla Farhana13 Apr 2016, 19:14 WIB
Diperbarui 13 Apr 2016, 19:14 WIB
Meski Gaji Kecil, Ini 6 Alasan Buat Bekerja di Perusahaan Startup

Fimela.com, Jakarta Sebagian para fresh graduate ingin bekerja di perusahaan besar yang telah ternama. Bagi mereka, perusahaan yang sudah memiliki nama dan sudah maju akan membuka peluang yang besar buat kesuksesan karier mereka. Padahal, bekerja di perusahaan startup juga menguntungkan buat kamu yang masih muda, meski gaji bulanan tak seberapa. 

Startup, merupakan penyebutan buat perusahaan baru yang masih mencari model bisnis. Belakangan ini, biasanya startup bergerak di bidang teknologi. Mudahnya, kamu pasti sering melihat aplikasi buatan Indonesia yang baru berdiri. Nah, mereka itu disebut dengan startup. Bekerja di perusahaan ini memang bagi sebagian orang kurang prestige-nya. Tapi jangan salah. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu ambil dengan bekerja di perusahaan startup. 

Jumlah teman kantor sedikit. Berbahagialah kamu yang tak suka kantor ramai dan harus menghafal banyak nama rekan sekantor. Soalnya, perusahaan startup memiliki sedikit karyawan. Paling banyak sekitar 50-an karyawan. Jadi, kamu juga bakal cepat akrab dengan teman-teman sekantor. 

Meski Gaji Kecil, Ini 6 Alasan Buat Bekerja di Perusahaan Startup | via: pbs.org

Sama-sama masih muda. Perusahaan-perusahaan startup biasanya cenderung 'mengambil' anak-anak muda yang kreatif dan baru lulus kuliah. Jadi, kamu tak perlu segan karena berpikir bagaimana caranya akrab dengan rekan sekantor. Soalnya, rekan-rekanmu usianya juga tak jauh berbeda. Kamu juga mudah untuk saling berbagi pengalaman dan ide. 

Meski Gaji Kecil, Ini 6 Alasan Buat Bekerja di Perusahaan Startup | via: safaribooksonline.com

Sering ganti pola kerja dan model bisnis. Startup memang perusahaan baru yang punya peluang untuk menjadi unicorn. Karenanya, perusahaan sering kali mengubah pola kerja. Belum lagi ada beberapa orang yang mengundurkan diri. Situasi ini membuatmu harus putar otak dan berusaha untuk 'hidup' dalam perubahan itu. Jangan mengeluh, situasi yang kian berubah dan tekanan yang setiap hari menempa, kamu akan semakin tangguh. 

Meski Gaji Kecil, Ini 6 Alasan Buat Bekerja di Perusahaan Startup | via: usnews.com

Tak perlu pakai baju formal. Tak seperti kantor bank dan perusahaan lain yang mengharuskanmu mengenakan kemeja dan dasi, atau rok dan kemeja kantoran. Kamu bisa dengan bebas memilih baju yang nyaman untuk dikenakan. Perusahaan startup biasanya tak mengharuskan karyawannya berpakaian sangat formal. Tapi, ingat, tetap saja harus sopan, ya.

Meski Gaji Kecil, Ini 6 Alasan Buat Bekerja di Perusahaan Startup | via: fastcompany.net

Obrolan seputar investasi. Di saat waktu luang, obrolanmu bukan mengarah ke berita hari ini. Kecuali perusahaanmu adalah media yang baru berdiri. Biasanya, kamu dan rekan yang kerja di startup membicarakan investasi yang aman buat anak muda. Pokoknya, obrolanmu seputar venture capital (VC). Atau seputar investor dan startup lain. Jadi, sekalian kamu bisa belajar soal membangun startup dan investasi, kan?

Meski Gaji Kecil, Ini 6 Alasan Buat Bekerja di Perusahaan Startup | via: blog.jobspire.net

Kamu tumbuh bersama perusahaan. Bekerja di perusahaan yang sudah besar mungkin membuatmu menjadi kebanggaan keluarga. Tapi masalahnya, seperti yang dikatakan Jack Ma, salah satu orang terkaya di China, bekerja di sebuah perusahaan besar hanya akan bikin kamu jadi mesin. Perusahaan hanya akan menggunakan tenagamu untuk mendapatkan keuntungan. Tapi, di perusahaan startup kamu bisa saling belajar. Sambil membesarkan perusahaan, kamu pun ikut belajar dan mendapatkan ilmu baru. Artinya, kamu tumbuh bersama perusahaan. Dan tak ada yang bisa mengalahkan hal ini. 

Meski Gaji Kecil, Ini 6 Alasan Buat Bekerja di Perusahaan Startup | via: natandvir.com