Sukses

Lifestyle

Bukan Stres, 10 Hal Baik Ini Bakal Datang Saat Kamu Gagal

Fimela.com, Jakarta Kegagalan adalah bagian dari perjalanan menuju kesuksesan. Mungkin terdengar klasik. Tapi apa yang selama ini banyak orang bilang soal kegagalan dan kesalahan memang benar. Kamu adalah manusia yang tidak pernah luput dari kesalahan.  

Karena itu, setiap kali melakukan kesalahan, jangan pernah menyerah dan merasa sangat tertekan. Tentu saja kamu memang harus memperbaiki kesalahan itu. Tapi tak perlu stres dan menganggap gagal artinya dunia kamu berakhir. Justru, ada banyak manfaat dan kebaikan yang bakal kamu dapatkan saat kamu mengalami kegagalan. 

1. Kamu jadi tahu apa sebenarnya yang kamu inginkan. Kenapa? Misalnya, kamu ingin menggambar seekor gajah. Ketika kamu merasa telinganya terlalu kecil, kamu tahu kalau seharusnya telinga gajah besar. Artinya, kamu tahu bagaimana seharusnya sesuatu yang sedang kamu bangun atau kerjakan. 

 

A photo posted by Sunisa W (@noodatagirl) on

2. Kamu bakal menemukan banyak kemampuan baru dalam dirimu. Ketika kamu salah dalam melakukan sesuatu, kamu akan mencari cara lain agar rencana dan keinginanmu terwujud. Nah, selama mencari cara baru itu, kamu secara tidak sadar juga mencari kemampuan yang baru dalam dirimu. Kamu mencoba-coba dan menggali kemampuanmu sendiri. 

 

A photo posted by Matt (@matthew2822) on

3. Siapa teman, siapa yang benar-benar teman? Artinya, kamu akan tahu apakah teman yang selama ini kamu kenal benar-benar baik atau tidak. Soalnya, teman yang betul-betul menghargai pertemanan pasti tak akan pernah meninggalkanmu meskipun kamu dalam kondisi terpuruk. 

4. Kamu tahu kelemahanmu. Ketika kamu salah, kamu akan mengindentifikasi apa saja yang kamu tidak bisa lakukan. Artinya, kamu akhirnya jadi tahu apa saja kelemahanmu. Kalau sudah begini, kamu bisa mencari jalan keluar lain yang bisa melengkapi kelemahanmu. Atau kamu sendiri yang belajar agar tidak terjadi lagi kegagalan. 

 

A photo posted by Petra Kordis (@pennyandherdog) on

5. Rendah diri. Kamu menyadari kalau kamu masih punya kekurangan. Kamu tidak lagi tega mencibir orang lain yang tak bisa melakukan sesuatu yang kelihatannya mudah. Kamu belajar untuk menghargai setiap jerih payah orang lain. Ini yang akan membuatmu lebih bijaksana dan juga dewasa. 

6. Lebih kuat menghadapi rintangan. Rasa sakit dan kecewa saat kamu gagal memang sangat wajar. Tapi bukan berarti kamu bakal jadi rapuh. Bahkan, kamu jadi merasa lebih kuat setelah akhirnya berhasil 'menaklukkan' satu rintangan. 

 

A photo posted by Laura Kasperzak (@laurasykora) on

7. Kamu tak akan lagi bertanya-tanya, "seandainya...." Sebelum kamu mencoba untuk melakukan sesuatu, ada rasa khawatir dan ribuan pertanyaan di benakmu. Tapi, setelah kamu mencoba sekali dan gagal, kamu tak akan lagi memiliki pertanyaan "bagaimana kalai... atau seandainya." Meskipun gagal, paling tidak rasa penasaran dan pertanyaan itu akhirnya terjawab. 

 

A photo posted by Boho chick (@youareworthyourbest) on

8. Kamu akan meminta bantuan kepada orang lain. Banyak orang yang pintar. Banyak juga orang yang punya sejuta kelebihan. Tapi sayang, mereka dibutakan oleh kedua anugrah Tuhan itu. Sehingga, mereka cenderung merasa kalau diri mereka itu super power. Mereka enggan meminta tolong kepada orang lain meskipun sebenarnya mereka mmebutuhkan bantuan. 

 

A photo posted by Yogi Trivedi (@oragraphy) on

9. Kamu akhirnya jadi tahu mana yang benar dan mana yang salah. Artinya kamu belajar. Banyak orang yang tahu kalau mereka melakukan suatu kesalahan. Tapi mereka tak mau membetulkannya dan memilih untuk menyerah. Tapi kamu yang memiliki pemikiran terbuka dan ingin maju, harus terus melakukan evaluasi dan melakukan perbaikan. 

10. Setelah mengalami kegagalan puluhan kali bahkan lebih, kamu mungkin akan merasa sangat lelah. Otak dan tenaga terkuras habis dan rasanya ingin menyerah saja. Tapi, ketika kamu baru mau memutuskan untuk menyerah, tiba-tiba pintu keberhasilan terbuka. Kamu akhirnya menemukan titik terang dan bakal menikmati kesuksesan

 

A photo posted by Takeya Hara (@take3q) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading