Sukses

Lifestyle

Jangan Lupa! Besok ‘World Dance Day 2016’

Fimela.com, Jakarta Dalam rangka Hari Tari Dunia 2016 atau ‘World Dance Day 2016’ kota Solo menggelar sebuah acara yang seru dan istimewa, yakni Carnaval 24 Jam Menari Non-Stop yang akan berlangsung pada Kamis (28/4/2016), hingga Jumat (29/4/2016). Perhelatan tersebut nantinya akan menjadi opera terbesar bagi insan tari yang akan menampilkan ratusan karya tari. Selain memperlihatkan pertunjukan tari dari komunitas tari yang ada di Indonesia, ada peserta dari luar negeri juga lho.

“Perayaan yang digelar selama 24 jam tanpa jeda ini telah menjadi agenda tahunan dan telah memasuki tahun ke-10,” terang Ketua Umum World Dance Day (WDD), Joko Aswoyo, S.Sen., M.Hum, kepada Wartawan, di Solo, Selasa (26/4/2016). Kali ini 'World Dance Day 2016' mengambil tema, ‘Menyemai Rasa, Semesta Raga.’

Pencipta dan Penari Eny Sulistyowati SPd, SE, MM, bersama tim saat gladi bersih tarian Bedhaya Minangkalbu. (Foto: Istimewa)

Tema tersebut bisa dibilang sebagai rangkuman dari 9 tema sebelumnya dan merekonstruksi pemahaman masyarakat tentang tari sejati. “Tari bukan hanya gerak fisik yang indah berirama, tetapi tari tumbuh karena kebutuhan manusia dalam rangka menemukan keserasian dengan lingkungan guna mempertahankan kesinambungan hidupnya,” ujar Joko.

Pencipta dan Penari Eny Sulistyowati SPd, SE, MM, bersama tim saat gladi bersih tarian Bedhaya Minangkalbu. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Eny Sulistyowati SPd, SE, MM, selalu Pimpinan Produksi dan Pangripto (pencipta tari) Bedhaya ‘Minangkalbu’, menyatakan kesiapan dan telah melakukan gladi bersih bersama tim artistiknya. “Ini proses latihan akhir secara teknis. Setelah ini kami semua akan melaksanakan Sengkeran (dipingit). Semua penari tinggal bersama di satu tempat, sampai menjelang pementasan. Membersihkan diri lahir dan batin, menyatukan rasa, dan doa bersama,” pungkas Eny, usai melaksanakan gladi bersih (latihan akhir), di Pendopo Kampus Institut Seni Indonesia (ISI).

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading