Sukses

Lifestyle

Mengenal Lebih Dekat Siti Rahmani Rauf Sebelum Wafat

Fimela.com, Jakarta Siti Rahmani Rauf, lahir di Padang, Hindia Belanda, 5 Juni 1919 merupakan seorang pendidik dan penulis buku peraga pelajaran Bahasa Indonesia Ini Budi pada era 1980-an dengan menggunakan tokoh Budi yang kemudian menjadi terkenal di Indonesia.

Metode pembelajaran bahasa yang sekaligus menggunakan alat peraga, yang disebut Struktur Analitik Sintesis (SAS) Bahasa Indonesia tersebut dianggap menyenangkan bagi siswa SD pada masa itu sehingga membantu para murid menjadi lebih cepat bisa membaca.

Buku peraga Ini Budi yang sangat populer itu kemudian digunakan di hampir seluruh kota di Indonesia. "Ini Budi, ini ibu Budi, ini bapak Budi" menjadi kalimat yang terkenal pada era 1980 - 1990-an.

Pencipta metode baca ‘ini Budi’, Siti Rahmania Rauf menghembuskan nafas terakhirnya, hari ini, Selasa (10/5/2016).

Dikutip dari situs online, Siti Rahmani Rauf lah yang telah mengajar sebagai guru sejak tahun 1937 itu mengerjakan buku tersebut pada awal tahun 1980-an setelah ditawarkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, ketika ia sudah pensiun sebagai Kepala Sekolah SDN Tanah Abang 5, Jakarta Pusat, pada tahun 1976. Tawaran tersebut ia terima tanpa meminta bayaran, semata-mata karena kecintaannya pada dunia pendidikan.

Tetapi kini ia telah tiada, ia tutup usia pada selasa malam kemarin (10/05/2016) di usia 97 tahun. Atas jasanya, telah banyak anak bangsa yang menjadi cerdas. Jasamu tak pernah terlupa, selamat jalan Guru, semoga tenang disisi-Nya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading