Sukses

Lifestyle

Kerap Dikaitkan dengan PKI, Genjer Ternyata Bermanfaat Bagi Tubuh

Fimela.com, Jakarta Tanaman genjer mungkin sangat asing terdengar di telingamu. Tapi buat ibumu atau mereka yang usianya di atas kamu, genjer bisa jadi pernah mereka konsumsi. Ini lantaran di zaman kependudukan Jepang, Indonesia amatlah miskin. Genjer yang dulu buat makanan bebek pun akhirnya disantap juga. Kondisi ini yang membuat seorang seniman bernama Muhammad Arief menciptakan lagu 'Genjer Genjer'. Kenapa identik dengan PKI? Simpel, karena Muhammad Arief salah satu anggota Lembaga Kesenian Rakyat (Lekra), sayap Partai Komunis Indonesia (PKI). 

Di luar dari persepsi genjer adalah PKI, ternyata tanaman ini punya khasiat yang luar biasa. Nutrisinya baik untuk tubuhmu, lho. Gak kalah dari sayuran hijau lainnya. Meskipun kerap disebut makanan kaum bawah, tapi gizinya tinggi. Yuk kenali kandungan nutrisinya. Let's go.

1. Serat. Genjer termasuk dalam sayuran hijau dan semua sayuran berwarna ini memiliki serat yang tinggi. Mengkonsumsi genjer mampu memenuhi kebutuhan serat tubuh setiap harinya. Serat dalam genjer bisa melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, membantu proses pencernaan makanan, mengikat lemak tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, dan menstabilkan gula darah.

Genjer | Via: istimewa

2. Protein. Gak nyangka kandungan protein dalam genjer mencapai 1.7 gram per 100 gramnya! Protein berguna untuk membentuk otot, menambah tenaga, sumber energi, dan pengikat lemak pada tubuh. Keren, ya.

Genjer | Via: istimewa

3. Kalsium. Dalam 100 gram genjer ada sekitar 62 miligram kalsium. Jika rutin kamu konsumsi, genjer bisa membantu menguatkan tulang dan gigi. Menjaga kesehatan tubuh serta mencegah osteoporosis.

Genjer | Via: istimewa

4. Fosfor. Seperti kalsium, fosfor juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Dalam 100 gram ada 33 miligram fosfor. Fungsinya mengikat lebih banyak kalsium di dalam tulang dan gigi sehingga menjaga kesehatannya.

Genjer | Via: istimewa

5. Zat besi. Nih buat kamu yang sering kram perut gara-gara haid. Rajin-rajin konsumsi genjer. Zat besinya bisa mengurangi kram perut dan membantu pembentukan sel darah merah.

Genjer | Via: istimewa

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading