5 Hewan yang Pintar Berkamuflase

Dadan Eka Permana18 Mei 2016, 16:38 WIB
5 Hewan yang Pintar Berkamuflase

Bintang.com, Jakarta Kamuflase adalah suatu metode yang memungkinkan sebuah organisme atau benda yang biasanya mudah terlihat menjadi samar atau sulit dibedakan dari lingkungan sekitarnya. Hewan pun memiliki kemampuan berkamuflase.

Biasanya hewan berkamuflase untuk melindungi diri dari predator dan tidak sedikit melakukan kamuflase juga untuk mencari mangsa. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 hewan yang memiliki kemampuan berkamuflase ;


1. Bunglon (Chameleons)

Bunglon (foto: istimewa)

Hampir separuh dari spesies ini tinggal di Madagascar, tetapi mereka juga ditemukan di Afrika, Timur Tengah, dan Eropa Selatan.

2. Macan Tutul (Leopard) 

macan tutul (foto: istimewa)

Hewan ini dikenal juga dengan sebutan harimau dahan karena kemampuannya memanjat. Macan tutul berukuran besar, dengan panjang tubuh antara satu sampai dua meter.

3. Ikan Daun

ikan daun (foto: istimewa)

Berasal dari amazon ini melakukan kamuflase seperti daun yang mati, mulai dari bentuk tubuhnya hingga gerakannya yang perlahan terombang-ambing mengikuti arus di permukaan sungai

4. Tokek Ekor Daun

tokek ekor daun (foto: istimewa)

Tokek Ekor Daun sering juga disebut tokek ekor setan. Tokek Ekor Daun ini berasal dari Madagaskar. Tokek ini kamuflase dengan menggunakan ekornya untuk meniru daun atau kamuflase sebagai bentuk pertahanan diri dari pemangsa dan mempermudahnya mencari mangsa.

5. Belalang Sembah

belalang sembah (foto: istimewa)

Belalang sembah mempunyai kamuflase yang sangat unik. Bukan hanya untuk mengecoh pemangsanya, tetapi hewan ini juga sangat cerdik menipu calon mangsanya. Selain bentuk tubuhnya yang bisa menyerupai daun atau ranting, gerakan tubuhnya pun mengikuti gerakan ranting atau daun yang tertiup angin.