Gak Cuma Enak Buat Dilalap, Daun Pepaya Punya Banyak Khasiat

Ardini Maharani18 Mei 2016, 16:20 WIB
Gak Cuma Enak Buat Dilalap, Daun Pepaya Punya Banyak Khasiat

Bintang.com, Jakarta Kamu doyan ngemil tumis pepaya? Teruskan kegiatanmu itu. Kenapa? Karena ternyata daun pepaya punya banyak banget manfaat kesehatan yang nggak kamu duga, lho. 

Mulai dari anti kanker hingga ampuh melawan demam berdarah. Begitu banyak fungsi daun pepaya yang bisa kamu ambil kegunaannya untuk tubuh. Dari healthmeup.com, para ahli dunia meneliti daun pepaya. Tumbuhan ini punya 6 manfaat cakep demi menjaga kesehatanmu. Apa saja, ya? Ini dia uraiannya.

1. Anti kanker. Jus daun pepaya memiliki enzim yang melawan sifat kanker. Jus ini juga sering direkomendasikan sebagai kemoterapi alami bagi penderita penyakit ini. Memang pahit sih, tapi kalau khasiatnya kece begini, siapa yang mau menolak?

Daun pepaya | Via: isimewa

2. Menghambat pertumbuhan bakteri dalam tubuh. Jus daun pepaya juga mengandung zat yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme. Termasuk cacing-cacing di usus. Hebat, ya.

3. Meningkatkan imunitas tubuhmu. Jus daun pepaya juga bisa melawan infeksi virus. Seperti virus flu. Karena jus ini mengandung vitamin A, C, dan E yang mendukung kekebalan badan kamu. Asyik!

4. Anti Malaria dan demam berdarah. Jus daun pepaya terbukti meningkatkan trombosi. Banyak perusahaan farmasi yang sudah mengekstrak daun tumbuhan ini untuk mengobati si penderita malaria dan demam berdarah. Yuk ah rajin minum.

Ilustrasi daun pepaya | Via: istimewa

5. Mengurangi nyeri haid. Jus daun pepaya amat efektif mengurangi nyeri haid. Tambahkan dengan gula jawa dan asam jawa serta garam. Beri segelas air dan minum ramuannya saat datang bulan. PMS kamu hilang!

6. Pencernaan jadi lancar. Lalapan daun pepaya yang kamu makan sehari-hari mengobati sembelit dan juga merangsang nafsu makan, lho. Paling tidak konsumsi daun pepaya seminggu sekali. Masalah pencernaan kamu bakalan tuntas, deh.

Ternyata demam berdarah ternyata bisa dicegah dengan menggunakan daun pepaya. Caranya?