Jangan Ratapi Kesalahan, 8 Hal Ini yang Harus Kamu Lakukan

Karla Farhana18 Mei 2016, 23:28 WIB
Jangan Ratapi Kesalahan, 10 Hal Ini yang Harus Kamu Lakukan

Bintang.com, Jakarta Setiap orang memang pasti melakukan kesalahan. Memang hal ini terlihat wajar. Namun, kadang kesalahan itu justru menghantuimu. Kamu seperti tak bisa melangkah seperti ada tali yang mengikatmu di masa lalu. 

Perasaan sedih, kecewa terhadap diri sendiri, bingung, dan marah bercampur aduk. Karena kamu manusia, hal ini sangatlah wajar. Meskipun begitu, ada beberapa hal buruk yang nanti akan mengikuti kalau kamu terus berlarut meratapi kesalahan. Akibatnya, kamu sulit untuk move on dan menjalani kehidupan di masa sekarang ini. Dari pada menangisi masa lalu yang tak bisa kamu ubah, lebih baik kamu lakukan hal-hal di bawah ini. 

Menangis atau mengeluarkan emosi memang wajar. Tapi cobalah untuk tidak terlalu lama 'tenggelam' dalam pikiran dan kekecewaan. 

Yakini dirimu sendiri, kalau kamu bisa melakukan hal yang sama lebih baik lagi. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. 

Mungkin, kamu membutuhkan orang lain sebagai pendengar. Bukan sebagai pemberi nasihat atau jalan keluar. 

 

A photo posted by A L O N E (@xalonewithmyselfx) on

Kalau memang kamu benar-benar buta akan jawaban, tanyakan kepada orang lain yang kamu percaya. Apa yang sebenarnya harus kamu lakukan. 

 

A photo posted by Jess Lai (@jexzx223) on

Meratapi kesalahan hanya akan membuatmu tambah terpuruk. Lebih baik cari kegiatan yang lebih bersemangat untuk menjalani hari. 

 

A photo posted by Ivan97Dadich (@ivan97dadich) on

Tak harus mencari pelarian dengan minuman dan pesta. Kamu juga bisa melakukan olahraga untuk melupakan rasa perih di dada. 

 

A photo posted by Marco Peroni (@marcoperoni87) on

Tak ada yang menyakitimu lebih parah lagi dari pada dirimu sendiri. Karena itu, berusahalah untuk tidak mengungkit kesalahanmu 

 

A photo posted by @sarahsugarpie on

Mencari 'pelarian' yang positif memang sah-sah saja. Tapi, jangan lupa untuk mencari cara dan solusi agar tidak melakukan kesalahan yang sama.