Tuna Asam Manis untuk Inspirasi Menu Sahur Kamu

Floria Zulvi16 Jun 2016, 22:08 WIB
Tuna Asam Manis untuk Inspirasi Menu Sahur Kamu

Bintang.com, Jakarta Mungkin kamu pernah menemukan seseorang yang tak menyukai makanan manis lantaran ia lebih memilih rasa pedas. Ada pun sebaliknya kawan yang tak bisa menyantap hidangan pedas namun menjadi penggemar apa pun yang manis. Rasanya agak sulit menyatukan kedua orang tersebut. Namun jangan sedih, kamu bisa membuat mereka berkumpul bersama di satu meja saat sahur dengan hidangan ini!

Yup, tuna asam manis bisa menjadi makanan yang mempersatukan kedua kawan atau anggota keluargamu yang miliki selera tersebut. Dengan bumbu manis dan dicampur dengan asam sanggup menyatu di lidah dan tidak membiarkan salah satu dari rasa lebih menonjol. Yuk, buat tuna asam manis sebagai hidangan sahur agar bisa berkumpul. Ini resepnya!

Kamu membutuhkan:

500 gr tuna filet
jeruk nipis
tepung bumbu siap saji
6 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 buah bawang bombay diiris halus
2 buah tomat besar diblender halus
1 mangkok kecil nanas yg sudah dipotong kecil
1 buah wortel dipotong korek api
6 sdm saus tomat
5 sdm saus sambal
secukupnya gula dan garam

 

A photo posted by Rahmah Nanda Putri (@rahmahnanda_) on

Cara membuatnya:

Langkah awal, bubuhkan garam dan jeruk nipis pada ikanmu. Kemudian diamkan sekitar selama 15 menit. Bila sudah, silahkan dicuci dan tambahkan sedikit garam karena rasa garam sdah hilang setelah dicuci. Langkah selanjutnya, filletlah tuna dan kemudian dengan tepung siap saji. Biarkan sejenak hingga tepung menempel di ikan lalu gorenglah dalam minyak panas.

Untuk membuat saus asam manisnya, tumislah bawang merah dan putih yang sudah diiris halus hingga harum. Bila sudah, masukkan bawang bombay, wortel yang telah diiris tipis, tomat, dan kemudian kembali tumis. Tambahkan saus tomat dan sambalnya. Jika kamu ingin lebih kental, bisa ditambahkan tepung maizena. Setelah itu masukkan air matang dan nanas. Masaklah hingga matang. Icipi rasanya dan tambahkan garam dan garam secukupnya lalu tunggulah hingga kental. Makananmu sudah siap dihidangkan!

 

A photo posted by fira olivia (@firaolivia1603) on