Sukses

Lifestyle

Good News Today: Penghemat Bensin, Vaksin, Gula

Fimela.com, Jakarta Siswa SMK Negeri 1 Bulakamba, Brebes, Jateng, Ibnu Hafizh (16), patut diacungi jempol atas hasil karyanya dalam membuat alat penghemat bensin berbahan seng bagi pengguna sepeda motor. Dengan inovasinya, ia berhasil menyabet juara Lomba Karya Inovasi SMK tingkat nasional belum lama ini.

Putra pertama pasangan Jaenah dan Nur Khofif itu mengatakan, alat penghemat bahan bakar sepeda motor dibuat dengan memanfaatkan sisa-sisa bahan, seperti seng, kabel, dan plastik. Alat itu dinamai Nebula X Power. 

Seperti yang dikutip Liputan6, menurut dia, alat ini diklaim bisa menghemat bahan bakar. Perbandingannya, bila motor dengan bensin 1 liter biasanya menempuh jarak sekitar 40 kilometer, tapi dengan menambahkan alat penghemat bensin Nebula X Power, satu liter bisa bertahan sampai 50 kilometer. 

Dengan memasang alat tersebut di sepeda motor, satu liter bensin diklaim bisa digunakan untuk jarak sejauh 50 kilometer. (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)

Badan usaha milik negara yang bergerak di bidang farmasi yakni Biofarma mengembangkan vaksin pneumokokus untuk mencegah radang otak.

,"Saat ini vaksin tersebut masih dalam tahap penelitian dan baru masuk fase I atau keamanan. Dalam penelitian ini harus melalui tiga fase sebelum diproduksi secara masal, pertama fase keamanan, kedua aplikasi manfaat, dan ketiga komersial," kata Direktur Utama Biofarma, Iskandar  di Sukabumi.

Menurutnya, penelitian untuk pembuatan vaksin ini sudah berjalan selama dua tahun dan untuk klinik trialnya dilakukan di Nigeria, Afrika Barat. Biaya penelitian tersebut berasal dari yayasan milik Bill Gates.

Diharapkan dalam lima tahun ke depan, vaksin ini bisa diproduksi secara masal dan dikomersialkan. Nantinya, Biofarma yang mempunyai kewenangan penuh dalam produksi dan komersialisasi.

Ilustrasi Vaksin.

Mengalami bibir hitam kerap kali menjadi ganguan bagi orang yang mengalaminya. Selain performa penampilan menurun, kamu juga pastinya tidak pede bertemu dengan orang banyak.

Salah satu siasatnya yaitu kamu memakai lipstik terus menerus. Tetapi jika tidak memakai lipstik, bibir hitam kamu juga tetap terlihat. Bibir hitam penyebabnya bisa karena alergi lipstik ataupun turunan. Tapi kini kamu bisa mensiasati agar hitam dibibir hilang.

Dengan gula, kamu bisa membuat bibir kamu merah alami, hanya dengan menggosok bibir dengan gula secara rutin, bibir merah merona bisa kamu dapatkan.

Ilustrasi gula.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading