Sukses

Lifestyle

Resep Pepes Ayam untuk Menu Makan Siang Besok

Fimela.com, Jakarta Hari Senin sudah hampir tiba. Meski bagi sebagian orang, tanggal ini sedang 'segar-segar'nya lantaran sehabis gajian, namun bagi sebagian orang berlaku sebaliknya. Jadi, ada baiknya demi menghemat dan bisa tetap berfoya-foya, bekal makan siang harus selalu siap sedia.

Daripada tidak jelas menghamburkan uang untuk menyantap makanan dengan harga lumayan mahal, ada baiknya membawa bekal dari rumah dan mulai menabung. Ya, selain hal tersebut bisa membuatmu 'kaya' di akhir bulan, kegiatan menabung pun bisa membuat nominal di rekeningmu bertambah. Adalah pepes ayam, hidangan yang siap membuat perut tetap kenyang dan berhemat karena bisa mengganjal perut lebih lama. Yuk lihat resepnya!

Kamu membutuhkan:

1 kg ayam potong-potong
4 gelas santan kental
1 lembar daun salam bagi 3
secukupnya daun kemangi
2 lembar daun bawang iris
1 buah sereh
secukupnya cabe rawit utuh bila suka

Bumbu yang dihaluskan:
2 sdm ketumbar
3 buah kemiri
7 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 cm kunyit
2 sm jahe
1/2 sdt lada

 

A photo posted by sukyen (@sukyen_yang) on

Cara membuatnya:

Langkah awal, cucilah ayam dan kemudian beri garam dan jeruk nipis. Diamkan sebentar dan cuci bersih kembali. Tumis bumbu halus dan berikan air sedikit agar matang dengan sempurna. Jika sudah, masukkan ayam dan aduk sebentar.

Tuangkan santan, gila, garam, air asam. Setelah bumbu mengental, silahkan masukkan kemangi dan aduk hingga layu. Matikan api dan diamkan selama satu jam agar bumbunya menyerap sempurna. Bungkuslah satu per satu ayam dengan daun pisang. Berikan daun salam dan cabai rawit utuh serta daun bawang yang telah diiris. Kukuslah selama 10 menit hingga wangi. Jika sudah, matikan apinya. Hidanganmu siap disantap!

 

A photo posted by Livingetc Indonesia (@livingetcid) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading