Sukses

Lifestyle

Editor Says: Zoom Out dan Zoom In

Fimela.com, Jakarta Di zaman yang serba maju seperti saat ini, fitur zoom in dan zoom out adalah hal yang biasa. Apalagi bagi seorang design grafis, fitur ini sangatlah penting. Karena ia akan sering menggunakan fitur ini agar hasil kerjanya optimal.

Ia akan melakukan zoom in agar ia dapat melihat suatu lebih detail. Dan ia akan melakukan zoom out agar ia dapat melihat hasil kerjanya.

Ilustrasi zoom. (via younameit-id.com)

Jadi tidak mungkin seorang design grafis, hanya melakukan zoom in secara terus menurus. Karena ia tidak akan pernah melihat hasil kerjanya seperti apa.

Begitu pula sebaliknya, ia tidak dapat menggunakan zoom out terus menerus. Karena ia hanya melihat sebuah gambaran besarnya, ia tidak akan tahu bagaimana detailnya dan bagaimana gambaran tersebut bisa tersebut.

Ilustrasi zoom out. (via fotocommunity.com)

Oleh karena itu baik zoom in atau zoom out sama-sama dibutuhkan. Namun sistem kerja zoom in dan zoom out ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam menghadapi permasalahan hidup, zoom in dan zoom out sangatlah berguna. Lantas seperti apa kegunaan zoom in dan zoom out di kehidupan sehari-hari?

Kegunaan Zoom In dan Zoom Out

Dalam melihat masalah, kita perlu tahu masalah tersebut detail dan kita juga perlu melihat masalah secara keseluruhan. Kedua hal ini harus dilakukan bersamaan, karena kita butuh informasi masalah yang utuh.

Akan tetapi kebanyakan hanya memandang suatu masalah dengan salah satu sudut pandang saja. Sebagian orang suka melihat suatu masalah hanya secara detail.

Ilustrasi zoom in dari Pantai Losari. (via imgrum.net)

Dan sebagian lainnya melihat sebuah masalah pada gambaran besarnya saja. Jalan yang terbaik adalah melihat sebuah masalah dengan zoom in dan zoom out.

Jika kita melihat suatu masalah secara detail, maka kita tidak bisa melihat keseluruhan masalah. Akan tetapi jika ketika melihat sebuah masalah dari gambaran besarannya saja, maka kita tidak dapat melihat detail masalah tersebut.

ilustrasi zoom out dari Pantai Losari. (via imgrum.net)

Kadang kita dapat menyelesaikan masalah setelah kita melihat detail masalahnya. Walaupun demikian, kita juga perlu melihat gambaran besarnya sehingga kita dapat nilai-nilai positif dari masalah tersebut.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading