Sukses

Lifestyle

Muay Thai, Bukan Sekadar Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Tubuh langsing memang menjadi impian banyak wanita, tidak hanya di Indonesia tetapi juga untuk wanita di seluruh dunia. Jalan yang dipilih untuk mendapatkan tubuh ideal pun beragam, salah satunya adalah dengan olahraga. Saat ini banyak sekali jenis olahraga yang bisa dipilih untuk membakar kalori dan lemak-lemak yang ada di dalam tubuh.

Dan salah satu olahraga yang digemari di tahun 2016 ini tentu saja Muay Thai. Banyak wanita yang melirik olahraga yang berasal dari negara seribu pagoda, Thailand ini lantaran olahraga ini dapat membuat seluruh bagian tubuh ikut bergerak, sehingga tentunya akan ada banyak keringat yang keluar.

 Pemanasan sebelum Muay Thai adalah salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan. (Bintang.com/Galih W. Satria)

Tapi, tentu saja Muay Thai memiliki manfaat yang lebih dari itu semua karena Muay Thai adalah salah satu seni bela diri untuk melindungi diri dari kejahatan yang tidak diinginkan, khususnya bagi para wanita. Tertarik untuk ikut olahraga Muay Thai? Berikut beberapa hal yang harus kamu tahu tentang seni bela diri yang sudah berumur 1000 tahun tersebut.

1. Muay Thai memang merupakan seni bela diri dengan tangan kosong, tapi untuk kamu yang ingin menikmati Muay thai hanya sebagai olahraga saja, maka sebaiknya jangan lupa untuk mengenakan beberapa alat pengaman supaya tidak mengalami cedera yang nantinya malah akan mengganggu kesehatan kamu.

2. Setidaknya ada empat gerakan dasar yang harus dipelajari dari Muay Thai, yakni pukulan tangan, sikut, kaki dan lutut.

Pukulan: Gerakan dasar ini melatih seseorang untuk bisa memukul lebih akurat atau tepat sasaran. Bagi wanita gerakan yang satu ini tentu sangatlah penting karena dapat melatih otot-otot tangan supaya bisa selalu siap ketika ada 'kejahatan' yang mendekat.

Tendangan atau Kick: Ada beberapa teknik tendangan yang harus dipelajari, yaitu low kick, middle kick, high kick, dan push kick. Setiap tendangan berguna untuk melatih kaki agar lebih kuat dan dapat menendang dengan akurat.

Sikut atau Sikutan: Gerakan yang harus dipelajari adalah gerakan sikut dari atas ke bawah (vertikal), gerakan sikut sejajar (horizontal), gerakan sikut layaknya seseorang melakukan smash (smashing elbow), dan yang terakhir adalah dikut digerakan ke bawah dan ke atas (upper cut elbow).

Lutut atau Knee: Ada tiga gerakan yang dapat memperkuat lutut supaya dapat melawan musuh hanya dengan sekali gerakan, yakni upper cut knee (Lutut digerakan dari bawah ke atas), hook knee (Gerakan lutut menyamping), dan circle knee (Gerakan lutut memutar).

3. Selain untuk kesehatan dan juga menurunkan berat badan, manfaat lain dari berlatih Muay Thai adalah bagaimana caranya seseorang dapat membela diri, membangun kepercayaan diri di jalan ketika ada orang yang mengganggu. Meskipun tidak sejago master atau juara Muay Thai, tapi paling tidak seseorang yang mengikuti kelas Muay Thai akan tahu bagaimana caranya membela diri.

Tidak hanya cara menendang, pukulan yang benar, tetapi bertahan menghadapi serangan. Selain bertahan menghadapi serangan, tetapi dalam Muay Thai juga seseorang dilatih untuk bisa cepat bertindak ketika ada serangan.

Tapi, ada beberapa hal yang harus diingat Muay Thai harus rutin, tidak hanya sekejap jadi. Latihan rutin dalam segi fisik, penanaman refleks, ketajaman, akurasi, kekuatan, daya tahan badan juga harus dilatih, jadi semuanya bersinergi karena Muay Thai merupakan olahraga bela diri yang memerlukan fisik, tenaga, dan stamina yang baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading