Sukses

Lifestyle

Penampakan Dua Bulan Misterius di Cincin Saturnus

Fimela.com, Jakarta Mengintai cincin 'raksasa' Saturnus, pesawat luar angkasa Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Cassini, mendapati penampakan dua bulan kecil. Sebagaimana dimuat Daily Mail, potret yang diabadikan pada 9 Juli silam ini memperlihatkan dua bulan yang letaknya terpisah satu sama lain.

Berdasarkan laporan NASA, Cassini berhasil mengabadikan sejumlah potret mengejutkan seputar Saturnus beberapa bulan belakangan, termasuk sudut bercahaya nan misterius layaknya bulan di cincin B dan Aplanet tetangga Jupiter ini, di mana fenomena tersebut kemudian dikenal dengan sebutan opposition surge.

Dua bulan kecil terlihat di Cincin Saturnus. (NASA)

Soal peristiwa tersebut The Sun mewartakan, penyebabnya merupakan kombinasi dua faktor saat matahari berada tepat di belakang pengamat yang tengah menghadap cincin. Posisi ini kemudian menciptakan bayangan di bagian lain cincin sehingga terdapat sejumlah titik yang lebih terang dibanding sisi lain.

Pada tipe optikal fenomena tersebut, sinyal elektromagnetik dari sebaran sinar matahari terefleksi kembali ke luar angkasa yang diperkuat di sisi berlawanan. Sebagaimana diinformasikan NASA, kejadian ini terjadi karena ruang elektrik dan magnetik tersebar secara serempak.

Bulan kecil di sisi B cincin Saturnus. (NASA)

Bulan kecil di sisi A cincin Saturnus. (NASA)

Muncul secara berkala, sebagaimana dilaporkan Daily Mail, dua bulan kecil ini terlihat kali pertama pada 26 Juni. Kemudian di sisi cincin A Saturnus pada 23 Juli dan hasil cepretan fenomena janggal ini dikumpulkan, lalu mulai diteliti lebih jauh pada akhir Juli.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading