Ulang Tahun, Ini 5 Hal Unik yang Cuma Ada dan Bikin Kangen Jogja

Cica07 Okt 2016, 19:14 WIB
[Bintang] Ulang Tahun, Ini 5 Hal Unik yang Cuma Ada dan Bikin Kangen Jogja

Bintang.com, Jakarta Sulit rasanya hati untuk membantah jika Yogyakarta ialah kota yang paling bikin rindu di dunia, bahkan ketika tubuhmu belum beranjak dari sana. Tepat pada hari ini, Jumat, 7 Oktober 2016, Yogyakarta yang akrab disapa dengan sebutan Jogja merayakan hari jadinya yang ke-260.

Serasa berkunjung ke surga dunia, ketika kamu bertandang ke Daerah Istimewa Yogyakarta untuk liburan, otomatis kamu akan disuguhkan sederet objek wisata yang memanjakan jiwa. Mulai dari naik-naik ke puncak gunung hingga menenggelamkan diri di laut kidul, semua bisa kamu cicipi dalam satu perjalanan unik dari utara ke selatan. Selain keunikan tersebut, pada ulang tahun Jogja kali ini, Bintang.com akan memberikan beberapa fakta unik yang mungkin cuma bisa kamu di Jogja dan itulah alasan untuk kamu rindu padanya. Apa saja, ya? Check this out!

Menunjukkan lokasi dengan arah mata angin. Ketika kamu seorang pelancong yang lagi liburan ke Jogja dan bertanya alamat ke orang Jogja yang sesungguhnya, maka siap-siaplah untuk bingung. Sebab, mereka akan menjawabnya dengan arah mata angin yang cuma dimengerti sama orang-orang yang sudah lama tinggal di sana. Biasanya, mereka berpatokan pada arah Gunung Merapi yang ada di utara. :))

Banyak persimpangan, banyak lampu merah. Hahaha ini sih kayaknya nggak ada di Jogja saja, ya. Tapi, ketika kamu berada di sana, lampu merah akan terasa banyak banget. Apalagi kalau kamu main ke daerah kota. Baru beberapa meter nge-gas kendaraan, udah ketemu lampu merah aja. Oiya, orang Jogja nggak bilang "lampu merah", melainkan "bangjo".

 

Foto kiriman Muhammad Dimas Firmansyah (@dimasfsyh) pada

Di Jogja nggak ada pasar malam. Ketimbang menyebut "pasar malam", orang Jogja lebih akrab menyebut "sekaten". Sekaten sendiri merupakan peringatan ulang tahun nabi Muhammad SAW dan namanya dipakai sebagai nama acara layaknya pasar malam di Alun-alun utara Yogyakarta.

 

Foto kiriman Yazid Fathurrahman (@yazid_fathurrahman) pada

Harga makanan yang bikin shock. Entah atas dasar apa, makanan di Jogja mostly murah. Saking murahnya, bisa bikin kamu shock saat mau bayar. Di sana, kamu bisa bertahan hidup sehari makan tiga kali nggak lebih 30 ribu. Makanya kamu harus pintar-pintar memilih kedai makanan yang enak dan harga bersahabat. Ini, nih yang bikin kamu ingin balik lagi ke sana.

 

Foto kiriman esteratna patria (@esterhagata) pada

Orang Jogja menghadapi semuanya dengan "Santai ja~". Kalau kamu punya beberapa teman asli Jogja, kamu pasti akan menemukan satu karakter yang hampir-hampir mirip yang ada pada mereka, yaitu kesantaian. Ritme hidup yang santai terkadang membuat mereka kerap menghadapi apapun dengan "santai (a)ja~" atau "selo (a)ja~". Yak sip oke bosku~

 

Foto kiriman JOGJA (@jogja) pada

Apa lagi, ya? Yuk, share di kolom komentar.