Sukses

Lifestyle

Good News Today: Perpustakaan, Laboratorium, Kemenhub

Fimela.com, Jakarta Perpustakaan dari abad kesembilan di Maroko, yang diyakini sebagai perpustakaan tertua di dunia, akan tersedia dalam bentuk digital bagi pembaca.

Perpustakaan Al-Qarawiyyin di bekas ibu kota Maroko, Fez, adalah rumah bagi beberapa manuskrip paling langka dan unik di dunia, dan selama ini hanya bisa diakses oleh kurator dalam beberapa kasus istimewa.

Seperti yang dikutip Antaranews, perpustakaan ini membangun laboratorium baru tahun ini untuk melindungi dan mengubah 4.000 manuskrip ke bentuk digital bekerja sama dengan Institute of Computational Lingusitics di Italia. Selengkapnya bisa baca di sini.

Maroko punya perpustakaan tertua di dunia, namanya Al-Qarawiyyin. Ini tampak luarnya. (Via: businessinsider.com)

Universitas Nasional Singapura (NUS) dan perusahaan telekomunikasi Telco Singtel mendirikan Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Keamanan Siber NUS-SingTel untuk mengembangkan kemampuan dan inovasi solusi digital.

Seperti yang dikutip dari Antaranews, aboratorium senilai 42,8 juta dollar Singapura tersebut diluncurkan secara resmi oleh Wakil Perdana Menteri dan Menteri Koordinator bidang Keamanan Nasional Teo Chee Hean, yang juga Pemimpin Yayasan Penelitian Nasional Singapura (NRF), Senin.

Didukung oleh NRF Singapura, Laboratorium Keamanan Siber NUS-Singtel berupaya menciptakan spektrum yang luas dari kemampuan penelitian dan teknologi baru untuk mengatasi ancaman keamanan siber. Selengkapnya.

Dua peneliti keamanan digital mengatakan bahwa mobil-mobil anyar rentan terhadap serangan siber, termasuk mobil polisi.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membuat proyek percontohan (pilot project) mengenai pemberantasan pungutan liar (pungli) di jembatan timbang yang dinilai sudah mengakar dan sulit diatasi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai diskusi bertajuk "Memberantas Pungutan Liar Jembatan Timbang" di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa proyek percontohan tersebut akan dijalankan di tiga tempat, yaitu di Pulau Sumatera, Jawa, dan Sulawesi.

Seperti yang dikutip Antaranews, proyek percontohan tersebut akan menerapkan sistem baru dengan teknologi informasi yang memungkinkan pelibatan pihak ketiga untuk menjamin transparansi dan praktik yang betul-betul bersih. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan pers terkait operasi tangkap tangan (OTT) pungutan liar (pungli) di Kemenhub, Jakarta, Selasa (11/10). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading