Selain Lezat, Pizza Ternyata Bisa Bikin Badan Sehat

Henry Hens26 Okt 2016, 18:37 WIB
[Bintang] Pizza

Fimela.com, Jakarta Makanan yang berasal dari Italia ini digemari di banyak negara, termasuk di Indonesia. Pizza terdiri dari banyak rasa yang selalu mengundang selera. Kini sudah banyak ragam pizza yang disesuaikan dengan selera sejumlah orang. Meski banyak bentuk dan rasanya, pastinya pizza yang lezat selalu jadi favorit banyak orang.

Selain enak, pizza ternyata juga bisa membuat badan kita sehat. Seperti dilansir dari Loop, bahan-bahan yang terkandung dalam pizza bisa membuatmu melawan penyakit. Beberapa orang menghindari pizza dengan dengan alasan takut gemuk, kolesterol dan berbagai alasan lain. Padahal, pizza terdiri dari kumpulan bahan dengan banyak kebaikan. Apalagi kalau kita bisa membuatnya sendiri.

 

Buat yang gak suka sayuran bisa diakalin cara pengolahannya. Kali ini saya bikin pizza sayur , pizza dengan toping sayuran dan ternyata anak2 yang gak suka sayur jadi suka :) Pizza sayur Bahan dough : - 250 gr terigu protein tinggi - 1sdm gula pasir -1/2 sdm ragi instan - 2 sdm minyak goreng - 1butir kuning telur - 2 sdm margarin - 1/2 sdt garam - 120-130 ml air hangat ( atau disesuaikan ) Toping : - brokoli , dipotong dan rebus sebentar -wortel potong dadu rebus - jagung pipil rebus - bawang bombay - paprika -saus - mayones - keju mozarella -keju cheddar -oregano Cara bikin : - campur bahan dough kecuali margarin dan garam. - uleni hingga setengah kalis - masukkan margarin dan garam - uleni hingga kalis - profing 30 menit hingga mengembang 2x - cetak dalam loyang ( saya pakai uk 22 bisa 2 loyang dengan roti gendut ) - tusuk2 dengan garpu, oles saus , susun topingnya ( saya : saus, bawang bombay, jagung, wortel, brokoli, keju mozarella, mayones, keju chedar, oregano ) - profing lagi 15 menit - oven dengan api besar kurang lebih 15bmenit ( hingga kecoklatan ) - pizza sayur siap disantap Happy baking :) #dapursyaabi #pizzasayur #pizza #yogyakarta #jualpizza #doyanbaking

Foto kiriman dapur syaabi (@dapur_syaabi) pada

Seperti dilansir dari Men’s Health hal terbaik yang bisa kita dapatkan saat membuat pizza adalah kita bisa mengontrol pilihan yang kita gunakan. Adonan pizza misalnya, ternyata kaya akan antioksidan. Adonannya pun dipanggang dengan teknik yang tepat.

Selain itu, pizza punya kandungan serat, karbohidrat kompleks, dan nutrisi penting yang membantu menstabilkan metabolisme. Saus tomat pada pizza juga kaya akan kandungan likopen yang membantu melawan kanker. Tomat juga mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saus pizza umumnya juga mengandung bawang putih yang memberikanmu Vitamin B6, Vitamin C, dan mangan yang bersifat melawan kanker.

 

SAUS PIZZA TOMAT DASAR Bahan: 2 siung bawang putih, cincang halus 1 buah bawang Bombay, cincang halus 4 buah tomat, buang biji dan kulit, haluskan 50gr tomat pasta (saya paka saus tomat) 100gr saus tomat 2 lembar bay leaves 1 sdt oregano 1 sdt garam ¼ sdt merica bubuk 150ml kaldu sapi/ kaldu ayam 2 sdm olive oil Cara pembuatan: 1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bomay hingga harum 2. Tambahkan bay leaves. Aduk rata 3. Tambahkan tomat, tomat pasta dan saus tomat. Lalu tambahkan garam dan merica bubuk, aduk rata 4. Tambahkan kaldu, aduk rata 5. Masukkan oregano. Masak hingga kental dan meresap. #saus#saustomat#sauspizza#pizza#pizzamudah#reseppizza#pizzaenak#buatpizza#berbagiresep#resepmudah#resepgampang#shareresep#resepenak#kulitpizza#saustomat#diy#homemade

Foto kiriman Easyrecipe (@vanessakitchen) pada

Komponen lain adalah minyak zaitun yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan memberikan dosis minyak lemak dengan banyak energi. Pizza yang mengandung keju bisa mengandung kalsium yang menguatkan tulang dan membantu mencegah osteoporosis. Akan lebih baik lagi kalau pizza yang kita makan memakai topping banyak sayuran.  

Taburan aneka sayur di atas pizza seperti sayuran hijau bayam, paprika hijau, dan asparagus adalah makanan yang mengandung banyak antioksidan. Ada juga jamur yang bisa melawan kanker dan punya kandungan air yang sangat tinggi. Kelebihan lain yang dimiliki pizza terletak pada proses memasaknya.

Pizza yang dimasak dengan teknik memanggang akan lebih menyehatkan karena nutrisi dari bahan-bahannya tadi tidak akan hilang. Nah, makan pizza ternyata menyehatkan tak hanya mengenyangkan. Meski begitu sebaiknya kita tetap tidak berlebihan menyantap pizza, bukankah sesuatu yang berlebihan itu kurang baik. Jadi, makan sewajarnya saja.