Sukses

Lifestyle

5 Pelajaran Ini Bisa Kamu Dapat Dari Hubungan yang Gagal

Fimela.com, Jakarta Hidup selalu berputar. Ada sedih, ada bahagia. Ada masa mudah, ada masa sulit. Ada kalanya jatuh cinta, ada saatnya patah hati. Satu hal yang pasti adalah bahwa selalu ada pelajaran yang bisa diambil dari setiap situasi, apapun itu. Termasuk hubungan percintaan yang kurang menyenangkan.

Menjalin hubungan tapi merasa cinta bertepuk sebelah tangan, memperjuangkannya tapi tidak diperjuangkan, memberi perhatian tapi diabaikan, jarang bermesraan tapi sering bertengkar, itu semua akan membentuk dirimu, membuatmu belajar, dan menjadikanmu lebih baik. Setidaknya, lima hal di bawah ini bisa kamu simpan sebagai modal untuk menyambut hubungan barumu yang lebih baik nanti.

1. Kapan waktunya meninggalkan hubungan tersebut. Saat terlibat di dalam hubungan yang tidak menyenangkan tersebut memang kamu takkan menyadari kapan waktu yang tepat untuk berhenti, sebab kamu akan selalu punya pemakluman. Tapi sekali kamu berhasil keluar dari jeratan tersebut, kamu akan paham sejauh mana batas toleransi yang bisa kamu berikan dalam hubungan.

Pelajaran yang bisa kamu dapat dari hubungan masa lalu. (Foto: unsplash.com)

2. Cara berargumen tanpa membaut hubunganmu berakhir. Jika hubunganmu tidak berjalan dengan baik, pertengkaran akan jadi kebiasaan, dan setiap pertengkaran selalu berujung pada kata putus, tapi dengan mudah pula memutuskan untuk kembali. Sekali kamu berhasil keluar dari hubungan tersebut, kamu sudah paham bagaimana caranya mengungkapkan perasaanmu tanpa menyinggung dia.

3. Apa yang pantas kamu dapatkan. Saat kamu berhasil keluar dari hubungan yang tidak baik, kamu sudah membuktikan bahwa kamu layak mendapatkan yang lebih baik.

Pelajaran yang bisa kamu dapat dari hubungan masa lalu. (Foto: unsplash.com)

4. Bahwa kamu masih perlu banyak belajar tentang hubunganmu. Beberapa pengalaman percintaanmu belakangan tentu mengajarkan kamu sesuatu yang berbeda, dan akan terus berbeda pada hubunganmu yang selanjutnya. Kamu pasti sadar bahwa kamu masih harus terus belajar.

5. Mana hubungan yang patut dipertahankan mana yang tidak. Setelah kamu menjalani hubungan baru di mana kamu merasa dicintai dan diperlakukan dengan baik, kamu bisa melihat dengan jelas bagaimana hubunganmu sebelumnya, dan kamu jadi tahu mana yang layak dipetahankan mana yang sebaiknya ditinggalkan.

Pelajaran yang bisa kamu dapat dari hubungan masa lalu. (Foto: unsplash.com)

Kamu yang sedang berusaha bangkit dari patah hati, coba renungkan kembali, apakah hubunganmu yang sebelumnya benar-benar layak ditangisi? :)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading