Sukses

Lifestyle

4 Alasan Kenapa Gusimu Sering Berdarah

Fimela.com, Jakarta Ketika sedang sikat gigi, busa pasta gigi yang kamu keluarkan dari mulut kadang bercampur dengan darah. Meski tak terasa sakit, gusi yang kerap berdarah sebenarnya memiliki masalah. Ada banyak penyebab yang mendorong gusimu menjadi rentan dan mudah berdarah. Dilansir dari Women's Health Magazine, berikut ini tiga penyebab gusi berdarah yang paling umum. 

1. Bakteri membutuhkan waktu 24 jam untuk menyebabkan peradangan. Peradangan inilah yang menyebabkan gusimu berdarah. Karena itu, kamu harus sikat gigi dan melakukan floss dengan baik dan benar. Sehingga tak ada bakteri jahat yang berdiam di sela-sela gusi lebih dari 24 jam. 

Pernah mengalami gusi berdarah dan bingung cara menanganinya? Coba cara yang ini

2. Karena mengonsumsi obat seperti antidepresan dan obat untuk darah tinggi, juga bisa menyebabkan hal ini. Karena obat-obat ini punya efek samping; membuat mulutmu lebih kering dari biasanya. Karena ludah kurang, bakteri jadi mudah untuk berkembang biak. 

Jadi, sebenarnya misteri apakah yang menyelimuti gigi, gusi, ludah, dan lidah manusia yang membuat penasaran? (Sumber anatomy-diagram.info)

3. Bisa juga karena penyakit yang agak serius seperti diabetes, leukimia, atau bahkan HIV. Jadi, kalau gusimu berdarah lebih dari dua minggu, sebaiknya pergi ke dokter gigi untuk memeriksa, apa yang menyebabkan gusimu kerap berdarah. 

Gusi Anda sehat? Belum tentu! Tanda-tanda dibawah ini adalah indikasi Anda memiliki penyakit Radang Gusi!

4. Tapi tenang dulu, gusi berdarah juga bisa disebabkan karena kurang asupan makanan bergizi. Atau juga bisa karena kurang tidur dan stres. Jadi, cobalah untuk tenang, bersihkan gigi dengan benar, dan rutin ke dokter gigi

Jangan remehkan rasa sakit dan nyeri pada gusi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading