Sukses

Lifestyle

Cara-cara Mengendalikan Cemburu Berlebihan Kepada Pasangan

Fimela.com, Jakarta Kecemburuan dapat mengacaukan pikiran, bahkan bagi orang yang tampaknya paling santai menerima kedekatan pasangannya dengan teman lawan jenisnya yang lain.

Untungnya, kecemburuan itu juga bisa diredam dengan sedikit upaya mengendalikan emosi, ujar Andrea Wachter, terapis pernikahan dan keluarga di Northern California, kepada huffingtonpost.com.

Menurut Wachter, ketika pasanganmu benar berkontribusi terhadap kecemburuan itu, kamu memang harus mempertanyakannya. Namun, lebih penting lagi untuk menengok ke dalam dirimu sendiri dan mulai mengendalikannya dari sana. Barangkali memang kadar kecemburuanmu yang berlebihan. Beberapa hal di bawah ini bisa membantumu mengendalikan kecemburuan, coba deh!

Cara meredam kecemburuan dalam diri. (Foto: gihy.com)

1. Temukan alasan mengapa kamu cemburu. Apakah yang menyebabkan kecemburuan itu ada? Apa karena kamu memang pencemburu? Atau pengalaman di masa lalumu yang memicunya?

2. Ketika kamu merasa tidak nyaman, beri tahu pasanganmu. Tidak ada gunanya memendam kecemburuan, lebih baik utarakan agar kamu bsia lebih tenang.

3. Ketahui kapan waktunya cemburu, kapan tidak. Kalau pasanganmu tidak melakukan sesuatu yang mencurigakan tapi kamu cemburuan, tunjuk satu poin yang membuatmu merasa cemburu, lalu katakan pada pasanganmu. Diskusikan dengannya tentang bagaimana cara mengatasi itu.

Cara meredam kecemburuan dalam diri. (Foto: giphy.com)

Sadari bahwa jika kamu punya pengalaman buruk tentang perselingkuhan di masa lalu, maka upaya mengatasinya di hubunganmu saat ini memang berat. Tapi selama kamu dan pasanganmu mampu bekerja sama, mengutarakan apa yang kamu butuhkan, berkompromi dan membangun komunikasi yang baik, hubunganmu pasti lebih menenangkan untuk dijalani.

Jangan biarkan kecemburuan itu menguasai dirimu terus-terusan. Usahakan juga kamu selalu mengutarakan kepada pasanganmu apa yang kamu rasa dan kamu butuhkan. Untuk mengatasi kecemburuan itu, kunci utamanya ada di kamu.

***

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading