Sukses

Lifestyle

Berapa Lama Kita Bisa Terjaga Tanpa Pernah Tidur?

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti butuh tidur. Tidur sangat penting untuk memperbaiki kerusakan dan keausan tubuh serta pikiran setelah beraktivitas sepanjang hari. Saat beraktivitas, tubuh mengalami sejumlah kerusakan dan kelelahan. 

Seperti dilansir dari amazine, kalau tubuh dan pikiran tidak memulihkan diri sebagaimana mestinya, maka tubuh akan mengalami berbagai gangguan. Kita akan mengalami menurunnya sistem kekebalan tubuh sehingga rentan terhadap penyakit. Kita juga jadi mudah tersinggung, konsentrasi menurun, kenaikan berat badan dan masih banyak lagi. 

Insomnia. Foto: telegraph

Seseorang mungkin bisa tetap terjaga semalaman dan bisa beraktivitas keesokan harinya, tetapi biasanya semua aktivitas tersebut tidak akan bisa dijalankan dengan optimal. Setelah semalam begadang, akan semakin sulit bagi kita untuk tetap terjaga pada malam-malam berikutnya. Lalu, berapa lama seseorang dapat terjaga tanpa tidur? 

Ada beberapa orang yang berusaha memecahkan rekor tanpa tidur. Sebagian dari mereka menggunakan bantuan stimulan dan pil medis lainnya, sementara sebagian yang lain melakukannya dengan cara alami. Ada juga yang mengalami insomnia alias susah tidur. Namun tiap manusia tidak bisa terus terjaga.

Tidur malam hari yang cukup. Sumber : parentsociety.com

Pada akhirnya, seseorang akan kehilangan kesadaran dan meninggal karena tidak tidur dalam waktu tertentu. Kabarnya, ada seseorang yang terjaga selama 18 hari berturut-turut, tapi pasti terjadi banyak hal buruk pada kesehatannya. Kalau kurang tidur, kita bisa mengalami perubahan suasana hati ekstrim, kurang konsentrasi, kehilangan memori, dan halusinasi.

Walaupun tidak ada jawaban pasti berapa lama seseorang dapat bertahan tanpa tidur, terdapat bukti pasti kalau kurang tidur bakal menimbulkan efek samping yang serius pada kesehatan. Jadi, biarkan tubuh kita tidur dengan rutin dan tidur malamlah dengan nyenyak.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading