Sukses

Lifestyle

Mana yang Lebih Baik, Santan Alami atau Santan Kemasan?

Fimela.com, Jakarta Seiring perkembangan jaman dan teknologi, produk makanan juga ikut berubah. Salah satunya adalah santan, bahan untuk membuat kue dan beragam jenis makanan lainnya. Kalau beberapa tahun lalu para ibu pergi ke pasar untuk membeli buah dan sayuran segar setiap harinya, kini belanja tak perlu tiap hari.

Tentu lebih repot lagi kalau memasak makanan bersantan. Kita harus membeli kelapa dulu ke pasar. Ada yang bisa langsung diparut dan diperas sampai menjadi santan. Kalau tidak bisa, kita harus memarut kelapa sendiri di rumah, diperas dan baru dimasak. Tapi sekarang beda. Produk santan kemasan dengan segala kepraktisannya sudah banyak dijumpai, baik di pasar, mini market sampai warung di dekat rumah.

Apa saja manfaat santan untuk kecantikan kulit? Berikut ulasannya.

Ada yang berbentuk cair berkemasan karton, bubuk, bahkan santan kalengan. Karena praktis, santan tinggal dibuka kemasannya, diberi air (jika berupa santan bubuk), lalu dituang ke masakan di atas kompor. Tapi, bagaimana komposisi santan instan ini? Seperti dilansir dari panganpedia, ada beragam Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang tercantum di dalamnya.

Namun tak perlu khawatir dengan nama-nama ilmiah yang ada pada produk santan kemasan, karena semua bahan yang ditambahkan masuk ke dalam golongan food grade. Santan pada dasarnya adalah emulsi minyak dalam air (o/w). Nah, jika didiamkan dalam waktu yang cukup lama, santan akan membentuk dua lapisan.

Santan bubuk membuat aktivitas memasak Anda lebih praktis

Inilah yang disebut dengan pemisahan emulsi. Dalam industri, hal itu disiasati dengan memberi stabilizer agar santan menjadi kental (viskositasnya tinggi). Sementara itu, bahan pengawet ditambahkan pada santan kemasan untuk meningkatkan daya simpan produk.  Penambahan pengawet dalam produk pangan oleh industri biasanya sudah mengacu pada Peraturan Pemerintah.

Meski begitu, tak  semua produk santan kemasan mengandung pengawet. Beberapa produk juga telah menerapkan sterilisasi aseptik sehingga tak perlu menambahkan pengawet. Kalau begitu mana yang lebih baik, santan alami atau kemasan?

Soto betawi merupakan soto khas dari Jakarta, Soto ini terkenal dengan rasa kuahnya yang gurih yang merupakan perpaduan dari santan susu, daging sapi, dan jeroan. Ditambah lagi dengan perasan jeruk limau. (Istimewa)

Kalau dari cita rasanya, banyak orang lebih suka santan biasa karena rasa dan aroma kelapanya yang masih sangat kuat. Namun, dari segi kepraktisan, santan kemasan tak terkalahkan. Apalagi citarasanya masih bisa diadu dengan santan biasa. Jadi, kamu pilih santan alami atau dalam kemasan?

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading