Sukses

Lifestyle

Hal Sepele yang Membuat CV Kamu Diabaikan

Fimela.com, Jakarta Jadi pengangguran memang menyebalkan. Kemana-mana selalu mendapat pertanyaan memojokan yang sama, kapan kerja? Nganggur mulu! Belum lagi sulit mendapatkan kepercayaan dari orang lain, terutama untuk meminjam uang alias ngutang.

Duh, padahal Curiculum Vitae (CV) sudah ditebar di mana-mana. Gelar akademik juga sudah disandang, nilai yang didapat pun nggak jelek-jelak amat, keahlian juga sudah sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan perusahaan yang dituju.

Tapi kok, belum ada satu pun panggilan interview setelah menunggu berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan sampai berbulan-bulan.

Kalau sudah demikian, ada baiknya coba cek kembali CV yang kamu kirim. Barangkali ada hal kecil yang terabaikan sehingga pihak perusahaan urung menghubungimu untuk wawancara kerja.

Tak yakin akan diterima di perusahaan yang telah lama kamu impikan? Mungkin 4 hal ini harus kamu lakukan sebelum kirim CV. | via: nisrina.co.id


Dilansir dari laman celotehwanita, berikut beberapa hal sepele yang membuat pihak perusahaan urung menghubungimu untuk wawancara kerja.

Subject Pada Email Tidak Jelas

Jika kamu mengirim lamaran pekerjaan via email, subject harus kamu perhatikan, supaya saat bagian HRD sedang mengecek inbox email perusahaan dan ketika melihat email dari kamu dia tidak akan segan untuk membukanya.

Surat Lamaran Tidak Pakai Tanggal / Tanggal Sudah Kadaluarsa

Karena kamu ngelamar di banyak tempat jadi kamu lupa untuk mengedit surat lamaran yang sudah lama kamu kirim ke perusahaan lain. Ini bisa menjadi penilaian buruk buat kamu di mata HRD

Nama Attachment Tidak Sesuai

Ada beberapa manajer bagian HRD malas untuk mengunduh attachment kamu jika nama file tersebut tidak jelas.

Jangan ikut-ikutan orang banyak, lima hal ini tak perlu kamu cantumkan dalam CV dan surat lamaran kerja. | via: morganmckinley.ie

CV Warna-warni

Memang sih terlihat eye-catching tapi CV warna warni justru membuat kamu akan dianggap tidak serius oleh HRD.

Jelaskan keahlian dan pengalaman kerja

Setiap HRD punya penilaian masing-masing. Yang membuat HRD malas memanggil kamu untuk interview adalah pelamar hanya mencantumkan keahlian tanpa penjelasan atau yang sudah berpengalaman justru tidak menjelaskan job deskripsi di perusahan sebelumnya. Dan tidak ada salahnya kamu juga cantumin interest kamu itu apa aja di CV kamu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading