Sukses

Lifestyle

Bahaya! Jangan Selfie dengan Pose Dua Jari

Fimela.com, Jakarta Ada banyak gaya ketika kamu sedang foto selfie. Salah satu gaya yang paling favorit adalah mengacungkan dua jari berbentuk huruf V yang melambangkan simbol Peace. Ternyata pose tersebut rentan terkena serangan hacker untuk mencuri sidik jari kamu.

Para penjahat siber ini memanfaatkan sidik jari pengguna yang diperlihatkan di foto untuk disalahgunakan.



Seperti diberitakan antara, tim peneliti di Japan National Institute of Informatics (NII) mengingatkan adanya bahaya pencurian sidik jari dari foto-foto dengan pose dua jari. Ukuran sidik jari manusia bisa dilihat secara jelas lewat foto sekalipun dari jarak tiga meter.

"Hanya dengan menunjukkan tanda peace saat foto, sidik jari sangat mudah tersebar," kata peneliti NII Isao Echizen pada Sankei Shimbun, seperti dilansir AFP.

twitter.com

"Data sidik jari dapat dibuat ulang jika sidik jari jelas terlihat dengan fokus dan pencahayaan yang baik," kata Echizen pada TV Yomiuri.

Dia menambahkan teknologi canggih tak diperlukan untuk pencurian identitas tersebut dan siapapun bisa melakukan itu.

Ilustrasi foto selfie dengan peace pose. (Sumber: Mirror)

Meski begitu, para peneliti tengah berupaya untuk menciptakan proteksi agar para hacker tak dapat memalsukan sidik jari lewat foto. NII mengatakan, mereka mengembangkan film transparan yang mengandung titanium oksida yang bisa ditempelkan di jari untuk menyembunyikan sidik jari. Tapi teknologi itu belum siap tersedia setidaknya dua tahun dari sekarang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading