Sukses

Lifestyle

Cara Menjadi Atasan yang Disukai Bawahan

Fimela.com, Jakarta Menjadi pemimpin yang bijak dan menyenangkan merupakan tantangan yang berat bagi setiap atasan. Di satu sisi, kamu harus mampu membuat bawahan hormat, namun di sisi lain juga harus membuat bawahan tidak tertekan dan menyukai sikap kamu.

Ilustrasi wanita bekerja. (Sumber UN Women)

Berikut cara menjadi atasan yang disukai bawahan seperti dilansir dari laman duniakaryawan.

Datang tepat waktu

Datang tepat waktu menjadi contoh yang baik bagi bawahan.

Reward and Punishment

Banyak kekecewaan bawahan kepada atasannya karena penilaian atasan yang tidak adil. Misal, kamu memberi penilaian kinerja yang sama antara bawahan yang rajin dengan yang malas. Ini biasanya memberikan demotivasi bagi bawahan yang rajin bekerja karena mereka merasa sia-sia bekerja rajin.

Ilustrasi dunia kerja (iStockPhoto)

Tidak membawa SARA

Jangan bawa-bawa suku, agama, dan ras (SARA) saat bicara dengan bawahan di tempat kerja.

Berinteraksi dengan bawahan

Jangan hanya diam di ruangan atau kantor. Jika kamu punya waktu luang, berinteraksilah dengan bawahan dengan membuat obrolan ringan yang memancing bawahan nyaman ngobrol dengan kamu.

Coaching bawahan yang membutuhkan

Tidak semua bawahan akan melaksanakan kerja seperti yang kamu harapkan. Terkadang mereka ada yang mengalami kendala teknis yang butuh bimbingan kamu sebagai atasannya. Oleh karena itu, informasikannlah kepada bawahan kamu bahwa kamu dengan tangan terbuka akan membimbing bawahan kamu dalam melaksanakan tugas dalam mencapai target.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading