Cara Mengajarkan Anak Mengelola Keuangan

Dadan Eka Permana24 Feb 2017, 16:14 WIB
Good News Today: Kabar Gembira THR, THR PNS, Harga Bawang Turun

Fimela.com, Jakarta Perencanaan dan pengelolaan keuangan sangat penting untuk masa depan anak. Tapi yang menjadi persoalan banyak orngtua yang kelimpungan dalam membimbing anak-anaknya merencanakan keuangan.

Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa membantu para orangtua untuk mengajarkan anak bagaimana mengelola keuangannya sejak dini seperti dilansir dari laman bidanku.com.

Perkenalkan konsep uang

Ketika anak sudah mulai bisa berhitung, tidak ada salahnya pekenalkan mereka dengan uang dengan memulainya dari pecahan terkecil. Berikan segala informasi tentang uang yang ingin diketahui anak. Mengenal keungan juga dapat dijadikan sebagai media berhitung agar sikecil menjadi lebih cerdas.

Ilustrasi anak SD| via: dakwatuna.com

Berikan Uang Saku

Untuk mengajarkan konsep keuangan, bisa dengan cara memberikan uang saku. Ini adalah cara yang tepat untuk mengajarkan mereka bagaimana cara mengelola keuangan. Dengan diberikan uang saku, anak-anak akan menyadari bahwa semua orang memiliki jumlah uang yang terbatas, sehingga dengan begini mereka akan lebih berhati-hati menggunakan uang sakunya.

Bank Indonesia (BI) meluncurkan 11 uang rupiah Emisi 2016 dengan gambar pahlawan baru. (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Biasakan anak untuk menabung

Berikan penjelasan yang mudah dipahami kepada anak tentang seperti apa itu menabung dan apa manfaat yang bisa mereka dapatkan dengan menyisihkan uang jajannya untuk disimpan pada sebuah tabungan.

Anda bisa mulai mengajarkan anak anda menaruh sisa uang jajanya pada sebuah celengan, atau ketika usia anak sudah mulai bertambah, anda bisa memperkenalkan mereka pada rekening tabungan.