Sukses

Lifestyle

Selain Gandum, Ini 3 Serealia yang Baik Buat Jantung

Fimela.com, Jakarta Jantung, salah satu organ vital yang harus selalu dijaga. Lantaran tingginya kematian yang dikarenakan gagal jantung atau penyakit yang berhubungan lainnya, banyak iklan-iklan atau himbauan kepada masyarakat untuk mengonsumsi makanan ramah jantung. Selain olahraga, banyak orang yang menganjurkan untuk banyak-banyak makan oat dan gandum.

Tapi ternyata, gandum bukan satu-satunya penjaga jantung. Ada banyak serealia lain yang belum banyak dikenal orang. Serealia ini sendiri merupakan sereal atau biji-bijian. Nah, berikut ini 3 jenis serealia yang baik untuk jantungmu. 

Jawawut. Namanya lucu dan mungkin jarang terdengar. Serealia ini merupakan sumber terbaik antioksidan tokotrienol, yang menurut buku Top 100 Foods for a Younger You karya Sarah Merson, lebih berkhasiat dari vitamin E manapun untuk mencegah penyakit jantung. Kalau kamu ingin mengonsumsinya, lebih baik pilih jawawut pot yang lebih banyak seratnya daripada jawawut jenis mutiara. 

Jawawut | via: tipspetani.blogspot.co.id

Biji Soba. Biji Soba mengandung rutin, substansi yang mampu memperkuat pembuluh darah, hingga yang paling kecil sekalipun. Nah, kamu pasti tahu, kan, kalau pembuluh darah ini sangat berkaitan dengan jantung. Kalau pembuluh darahmu kuat dan sehat, jantungmu juga akan sehat. 

Biji Soba | via: alibaba.com

Quinoa. Apa yang bisa mencegah darah tinggi? Jawabannya Quinoa, kacang kecil yang kaya akan manfaat buat jantung. Soalnya, serealia ini memasok magnesium yang telah dikenal dapat mencegah tekanan darah tinggi. Selain itu, serealia ini juga kaya akan vitamin B2 yang mengontrol pembentukan kolesterol dengan cara menghancurkan radikal bebas yang berbahaya. 

Quinoa | via: brainscape.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading