Sukses

Lifestyle

Pap Smear, Cara Ampuh Ketahui Adanya Kanker Serviks

Fimela.com, Jakarta Ada begitu banyak tanya ketika kamu meluhat plang bertuliskan pap smear centre. Diperuntukkan untuk mereka yang sudah menikah atau aktif berhubungan seksual, pap smear ternyata belum begitu familiar di telinga sebagian perempuan. Padahal, sistem pemeriksaan kanker ini sangat penting. 

Ya, pap smear merupakan salah satu cara mendeteksi kanker servik. Dilansir dari HealthLine, metode ini mendeteksi keberadaan sel-sel yang berpotensi akan menjadi kanker. Sebaiknya, kamu yang sudah berumur 21 tahun atau lebih, menjalankan tes ini setahun sekali. 

Sel kanker serviks tumbuh lantaran adanya virus yang menular melalui hubungan seksual. Virus ini bernama human papillomavirus (HPV). Karena inilah, orang-orang yang dianjurkan melakukan tes hanya mereka yang sudah menikah atau aktif berhubungan seksual. 

Tanda Sakit Miom atau Kanker Serviks

Meskipun begitu, kamu yang juga belum menikah dan sama sekali belum berhubungan seks namun berumur 21 tahun atau lebih, ternyata sebaiknya juga melakukan tes ini. Karena tak semua jenis kanker serviks disebabkan oleh infeksi HPV. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Kanker serviks adalah pertumbuhan sel tak terkendali (kanker) yang terjadi pada leher rahim.

    Kanker Serviks

  • Kanker merupakan penyakit yang dapat menyerang seluruh bagian tubuh.

    Kanker

  • Human papillomavirus atau HPV adalah sejenis virus DNA yang dapat menginfeksi manusia, terutama pada kulit dan selaput lendir

    HPV

What's On Fimela
Loading