Sukses

Lifestyle

Alasan Pengunggah Rahasiakan Lokasi Penemuan Diduga Suku Mante

Fimela.com, Jakarta Banyak orang dibuat penasaran soal makhluk misterius bertubuh pendek yang terekam kamera komunitas motor trail dan diunggah di situs berbagi video dengan judul "Heboh! Kaget ada orang telanjang di hutan Aceh". Diduga makhluk misterius itu adalah warga suku Mante, kelompok masyarakat kuno asal bumi Serambi Mekkah.

Video yang diunggah akun Fredography itu pun viral. Hingga saat ini video tersebut telah dilihat lebih dari 2 juta pengakses YouTube.

Menurut sang pengunggah, Fredo Pastrana, semenjak video itu viral, ia banyak ditanya detail tempat penemuan makhluk misterius tersebut. Namun, seperti ditulisnya dalam keterangan video, ia akan tetap merahasiakan lokasi persis dirinya menemukan makhluk misterius tersebut.

“Dan ternyata ada yang coba-coba mencari detail lokasi, silahkan saja. Yang jelas demi kelestarian dan kesinambungan alam, terpaksa kami diam.

Jika boleh saya ceritakan apa yang saya alami (termasuk hal-hal di luar nalar) beberapa hari belakangan ini, sebaiknya urungkan niat anda mencarinya. Barangkali saya ditakdirkan kuat, namun belum tentu dengan anda. Carilah Allah, jangan mencari makhluk,” tulis Fredo Pastrana dalam akun facebook miliknya, Minggu (26/3/2017).

Makhluk misterius di belantara Aceh diduga suku Mante. (Youtube)

Alasan Fredo Pastrana tetap merahasiakan lokasi penemuan makhluk misterus tersebut, juga karena tak ingin ada yang mengusik keberadaan makhluk tersebut.

“Bayangkan jika 2 juta orang ramai berbondong-bondong menuju lokasi, apa yang akan terjadi? Kita masih ingat betul kejadian beberapa tahun lalu ketika terjadi penemuan koin emas dan benda kuno diseputar kampung pande Banda Aceh.

Ribuan orang penasaran mendatangi lokasi yang akhirnya justru terjadi penjarahan dan penggalian ilegal terhadap benda-benda kuno yang seharusnya masuk museum Aceh. Saya bukanlah pakar, bukanlah ahli sejarah. Namun alangkah bijaknya jika kesinambungan dan kelestarian alam biarkan berjalan apa adannya. Jangan kita cemari,”  tulis Fredo, Senin, 27 Maret 2017.

Hingga kini, tak banyak literasi dan bukti keberadaan suku Mante. Ada yang berkata, kelompok masyarakat satu ini berciri-ciri pendek dengan tinggi tak lebih dari 90 centimeter. Tubuhnya diinformasikan berwana abu dengan selimut bulu, namun ada pula yang kecokelatan.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading