Video Diduga Suku Mante di Aceh Sudah Ditonton Enam Juta Kali

Gadis Abdul31 Mar 2017, 07:28 WIB
Video Diduga Suku Mante di Aceh Sudah Ditonton Enam Juta Kali

Fimela.com, Jakarta Beberapa hari ini masyarakat dunia maya dihebohkan dengan kemunculan video yang memperlihatkan sosok yang diduga Suku Mante di Aceh. Dalam video yang diunggah oleh akun YouTube Fredography dan diberi judul “Heboh! Kaget Ada Orang Telanjang di Hutan Aceh” tersebut terlihat manusia kecil yang tiba-tiba saja muncul lalu berlari.

Sang pengunggah video, Fredo Pastrana menjelaskan bahwa ia dan teman-temannya memang sengaja merahasiakan lokasi persis dimana video tersebut diambil. “Bayangkan jika 2 juta orang ramai berbondong-bondong menuju lokasi, apa yang akan terjadi? Kita masih ingat betul kejadian beberapa tahun lalu ketika terjadi penemuan koin emas dan benda kuno diseputar kampung pande Banda Aceh,” tulis Fredo dalam Facebooknya.

“Ribuan orang penasaran mendatangi lokasi yang akhirnya justru terjadi penjarahan dan penggalian ilegal terhadap benda-benda kuno yang seharusnya masuk museum Aceh. Saya bukanlah pakar, bukanlah ahli sejarah. Namun alangkah bijaknya jika kesinambungan dan kelestarian alam biarkan berjalan apa adannya. Jangan kita cemari,” tambah Fredo.

Sejarawan Aceh menilai kemungkinan Suku Mante atau mantra masih hidup bisa saja terjadi.  (Liputan 6 SCTV)

Ya, sosok Suku Mante di Aceh memang membuat banyak orang penasaran. Tidaklah heran sejak video Suku Mante diunggah ke YouTube pada 22 Maret lalu, kini video tersebut telah ditonton sebanyak lebih dari enam juta kali. Laman Indonesia.go.id, yang dikelola oleh Kementerian Sekretariat Negara dan Kementerian Komunikasi dan Informatika, menyebutkan Suku Mante diduga berkerabat dekat dengan Suku Batak, Gayo dan Alas.